APLIKASI GOOGLE MAPS API UNTUK PEMBUATAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG) BERBASIS WEB USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN BLITAR)

Agung Budi Cahyono, Amelia Fadhila

Abstract


Pengembangan produk UMKM berbasis pariwisata saat ini sedang menjadi fokusan pemerintah Kabupaten Blitar untuk meningkatkan pembangunan ekonomi. Dalam mewujudkan dan meningkatkan efisiensi dan efektifitas (UMKM)  yang mandiri dan berkembang, diperlukan sebagai media pendukung yang nantinya dapat berguna sebagai alat untuk mensejajarkan UMKM yang ada di Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan data spasial berupa Koordinat lokasi, alamat dan data non spasial berupa data dan informasi pendukung berupa nama UMKM, Kategori, Jenis Produk, Alamat, Kontak atau nomor telefon, Pemilik atau penanggung jawab, dan foto UMKM. Basisdata yang dibuat pada PHPMyAdmin pada WebGIS ini dibangun berdasarkan data tabular dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Blitar, serta hasil penelitian lapangan. Hasil dari penelitian ini adalah WebGIS Usaha Mikro Kecil da Menengah (UMKM) Kabupaten Blitar yang menyajikan informasi mengenai lokasi, atribut, , serta dilengkapi dengan fitur pencarian dan menambah informasi UMKM. Sedangkan dari hasil analisa data didapatkan hasil 908 UMKM yang memiliki Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) telah memiliki tempat usaha yang tetap, dengan 60 Usaha Mikro Lokasi Koordinat Terdefinisi (UMKT)dan 848 Usaha Mikro Lokasi Koordinat Belum Terdefinisi (UMKBT). Untuk UMKM yang memiliki Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) berjumlah 741 Usaha, dengan 39 merupakan UMKT dan 702 UMKBT.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


UMKM; WebGIS; Google Maps API

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v13i2.3671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.