EVALUASI PERENCANAAN GEOMETRIK JALAN MENGGUNAKAN VEHICLES TRACKING ANALYSIS (STUDI KASUS: JALAN LINGKAR LUAR BARAT KOTA SURABAYA)

Yuwono ., Yanto Budisusanto, Akhmad Fatkhur Rozi

Abstract


Jalan Lingkar Luar Barat Surabaya merupakan akses jalan baru yang bertujuan untuk mengurai kemacetan lalu lintas. Direncanakan Jalan Lingkar Luar Barat Kota Surabaya menghubungkan dari arah utara yaitu Jalan Tambak Osowilangon menuju ke arah selatan yaitu ke Jalan Lakarsanti Raya dengan melewati jalan Tol Surabaya-Gresik. Aspek geometrik merupakan salah satu bidang yang dikaji dalam tahap studi pra kelayakan, karena bentuk dan ukuran dari desain jalan raya harus secara rinci direncanakan sedimikian rupa sehingga dapat memberikan pelayanan yang optimal. Tata Cara Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota dalam hal ini digunakan pedoman perencanan jalan raya yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Bina Marga yang menjadi landasan dalam merumuskan bentuk dan ukuran dari desain jalan raya. Isi pedoman tersebut yang lengkap serta didukung dengan kemajuan teknologi informasi, pedoman tersebut dapat dijadikan sebagai data pendukung dalam penentuan parameter evaluasi geometrik jalan berbasis pemodelan dan simulasi (modelling & simulation). Vehicles Tracking Analysis adalah metode evaluasi geometrik rencana jalan dalam bentuk 3D menggunakan perangkat lunak AutoCAD Civil 3D lisences student dan 3D Studio Max lisences student. Hasil kualitas pemodelan jalan setelah dilakukan uji korelasi sebesar 0,999 untuk bagian panjang busur lingkaran dan 0,999 untuk bagian posisi alinyemen horizontal. Kemudian setelah dilakukan simulasi uji geometrik menggunakan kendaraan rencana (kecil, sedang dan besar) diperoleh kesimpulan bahwa perencanaan geometrik jalan lingkar luar barat Surabaya telah memenuhi spesifikasi teknis. Beberapa faktor yang mendukung ketercapaian spesifikasi teknis dalam uji simulasi kendaraan rencana adalah radius alinyemen horizontal dan lebar lajur.

Keywords


Evaluasi; Geometrik; Jalan; Kendaraan Rencana; Vehicles Tracking Analysis

Full Text:

PDF

References


Departemen Pekerjaan Umum. (1997). Tata Cara. Perencanaan Geometrik Jalan Antar Kota. Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.

Departemen Pekerjaan Umum. (2005). Pra Studi Kelayakan Proyek Jalan dan Jembatan. Direktorat Jenderal Bina Marga. Jakarta.

Manggala, Ryan., dkk. (2015). Studi Kasus Faktor Penyebab Kecelakaan Lalu Lintas Pada Tikungan Tajam. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Diponegoro. Semarang.

Panggabean, Rony F. (2012), Perencanaan Geometrik Dan Layout Simpang Jalan Lingkar Luar Barat Kota Surabaya. Jurusan Teknik Sipil, ITS. Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v14i2.3675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.