ANALISIS KECEPATAN ARUS UNTUK PENENTUAN LOKASI PEMBANGUNAN MARINE CURRENT TURBINE DI PANTAI SELATAN JAWA

Danar Guruh Pratomo, Lilik Widiastuti

Abstract


Energi pembangkit fosil merupakan faktor terbesar terjadinya kerusakan lingkungan yang menyebabkan terjadinya pemanasan global, hujan asam, dan perubahan iklim. Selain itu, energi fosil yang semakin menipis dan tidak dapat diperbarui kembali mendorong penggunaan energi terbarukan yang dirasa lebih efisien dan tidak merusak lingkungan. Salah satu energi terbarukan yang sedang dikembangkan oleh beberapa negara maju yakni energi kelautan yang berasal dari pengaruh fenomena pasang surut air laut. Keuntungannya adalah dapat diprediksikan berdasarkan waktu dan karakter pasang surut yang terjadi di suatu tempat. Lokasi penelitian berada di Pantai Selatan Jawa yang memiliki kecepatan arus yang cukup tinggi karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Pada penelitian ini dilakukan dengan melakukan pemodelan numerik terhadap aliran fluida 3D yang menghasilkan kecepatan arus dan digunakan untuk penentuan lokasi pembangunan MCT. Pemodelan dilakukan dengan menggunakan beberapa parameter seperti data batimetri, data garis pantai, data pasang, serta data kecepatan arus geostropik dari satelit altimetri. Waktu pemodelan didasarkan pada data curah hujan tahun 2016. Untuk perhitungan estimasi energi yang dihasilkan menggunakan parameter MCT yang memiliki diameter 16 m, 18 m dan 20 m, kedalaman 30 sampai dengan 40 m serta kecepatan arus minimum 1,5 m/s. Dari hasil pemodelan didapatkan, terdapat 124 titik lokasi pembangunan MCT yang memiliki estimasi energi per bulan sebesar 166,900 MWh pada bulan Maret yang mewakili curah hujan teredah dan 159,416 MWh pada bulan Oktober yang mewakili curah hujan tertinggi.


Keywords


Kecepatan Arus, MCT, Model Hidrodrodinamika, Pesisir Selatan Jawa

Full Text:

PDF

References


ESDM. 2005. Diversifikasi Energi. “Energi Kelautan sebagai Alternatif Baru”. DESDM. Jakarta: Seminar Pembangunan Ekonomi Kemaritiman.

Fraenkel, P., 1999. Power from Marine Currents, Marine Current Turbines Ltd.

Lubis, Saut Maruli, 2006. Oseanografi Indonesia. Program Studi Oseanografi. ITB: Bandung

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 5. 2006. Tentang Kebijakan Energi Nasional. Jakarta: Presiden Republik Indonesia

Undang Undang Nomor 17. 2007. Tentang Rencana Jangka Panjang Nasional (RPJPN). Jakarta : Rapublik Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v13i1.3684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.