OPTIMALISASI PENYEDIAAN DATA SPASIAL RESOLUSI TINGGI DENGAN PEMBANGUNAN IMAGE MAP SERVICE (STUDI KASUS: PERTAMBANGAN DAERAH SUMATERA)

Teguh Hariyanto, Raka Anindito

Abstract


Minyak bumi merupakan salah satu aspek dari penyumbang pemasukan terbesar di Indonesia. Hal tersebut didasarkan atas peminatan minyak bumi yang dari dalam maupun luar negeri, sehingga pergerakan harga minyak bumi cenderung meningkat. Bedasarkan fakta tersebut, perlu dilakukan eksplorasi dan eksploitasi terhadap minyak bumi secara maksimum dan optimal. Dalam pelaksanaan pengelolaan terhadap minyak bumi untuk memperoleh hasil yang maksimum, monitoring dan evaluasi merupakan proses yang sangat penting dilakukan. Peta dasar dalam bentuk bentuk data raster merupakan bentuk data yang diperlukan untuk melakukan proses tersebut. Dengan didukung oleh kemajuan teknologi saat ini, persebaran data raster guna mendukung aktivitas-aktivitas pemetaan dapat dilakukan dengan menggunakan jaringan internet. Pembangunan Image Map Service yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan membangun sebuah sistem layanan untuk persebaran data raster sebagai peta dasar dengan menggunakan metode tiling. Dengan didukung dengan diterapkannya metode tiling, maka untuk menampilkan data raster tersebut akan semakin cepat karena data raster akan menampilkan gambar bedasarkan potongan tile yang telah dibentuk pada setiap tingkat zoomingnya. Pada pengimplementasian dari pembuatan Image Map Service yang akan digunakan ini dapat dilakukan persebaran data raster secara online, sehingga mempermudah dalam proses monitoring dan evaluasi. Image Map Service ini juga di dukung dengan ditambahkannya informasi terkait lokasi dari citra tersebut.

Keywords


Optimalisasi; Image Map Service; Tile

Full Text:

PDF

References


Bank Indonesia. 2017. Laporan Tahunan: Annual Report 2016. Bank Indonesia.

Dewi, Esthi Kurnia. 2015. Optimalisasi Web GIS dengan Metode Tiling. ISBN: 979-26-0280-1: SM102.

Esri. 2014. ArcGIS Online: The Mapping Platform for Your Organization. New York: Esri.

Garca, Ricardo et al. 2012. “Web Map Tile Services for Spatial Data Infrastructures: Management and Optimization.” Cartography - A Tool for Spatial Analysis.

Schwartz, Joe. 2006. Bing Maps Tile System.

Singh, Kay. 2013. Web Design: 11 Characteristics of a user-friendly website.

Yang, Chaowei, dkk. 2011 .WebGIS performance issues and solutions. Advances in Web-based GIS. Mapping Services and Applications – Li, Dragic evic & Veenendaal. Li ISPRS: 121-138. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v14i2.3907

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.