ANALISIS LOKASI PERSEBARAN IKAN DI LAUT SELATAN PULAU JAWA DENGAN MEMANFAATKAN DATA SATELIT ALTIMETRI

Ira Mutiara Anjasmara, Risca Hartikasari

Abstract


Indonesia yang merupakan negara maritim memiliki sumberdaya laut yang melimpah dan salah satunya adalah sektor perikanan. Sebagai salah satu sumber pangan dan penghasil devisa negara sektor perikanan membutuhkan teknologi yang mendukung dalam rangka memaksimalkan hasil dari sektor perikanan. Metode yang sudah ada adalah dengan memanfaatkan data citra satelit MODIS untuk memperoleh sebaran klorofil-a yang merupakan sumber makan bagi fitoplankton yang menjadi makanan ikan di laut. Parameter yang dibutuhkan untuk menentukan sebaran klorofil-a seperti sea surface height dan arus geostropik dapat juga diperoleh dengan memanfaatkan data satelit altimetri. Oleh sebab itu dalam penelitian ini dilakukan pengolahan data satelit altimetri untuk memperoleh parameter yang digunakan untuk menentukan perkiraan lokasi sebaran klorofil-a. Dari hasil pengolahan data diperoleh nilai hasil perhitungan berupa sea surface height (SSH), kecepatan arus geostropik dan arah arus geostropik di laut Selatan Pulau Jawa setiap bulan pada tahun 2016. Ketiga parameter tersebut kemudian dioverlaykan untuk menentukan perkiraan lokasi sebaran klorofil-a yang juga akan menentukan lokasi sebaran ikan.

Keywords


Satelit Altimetri; Sea Surface Height; Arus Geostropik

Full Text:

PDF

References


Abidin, H. Z. (2001). Geodesi Satelit. (KARISTA, Ed.). Jakarta: PT Pradnya Paramita.

BPOL. (2018). Tim Peneliti Penginderaan Jauh Kelautan. Retrieved from http://www.bpol.litbang.kkp.go.id/old/ocean-remote-sensing

Eumetsat, CNES, NASA, & NOAA. (2017). Jason-2 Products Handbook (1 rev 1).

Gaol, J. L. (n.d.). Application of satellite altimetry for fisheries research. Chart, (1).

Harini, W. S. (2004). Pola Arus Permukaan Di Wilayah Perairan Indonesia Dan Sekitarnya Yang Diturunkan Berdasarkan Data Satelit Altimetri TOPEX/POSEIDON. Institut Pertanian Bogor.

ICCSR. (2010). Sektor Kelautan dan Perikanan. (I. Mintzer, S. Thamrin, H. Von Luepke, & T. Hertz, Eds.). Jakarta.

Kumaat, J. (2011). Pengaruh Faktor Lingkunga Pada Tingkah Laku Dan Kelimpahan Ikan.

Marpaung, S., & Prayogo, T. (2014). Analisis Arus Geostropik Permukaan Laut Berdasarkan Data Satelit Altimetri.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v14i2.3945

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.