Analisa Perbandingan Volume 3'S (TS, GNSS, &TLS)

Khomsin Khomsin, Danar Guruh Pratomo, Achmad Faizuddin Akbar

Abstract


Teknologi survei dan pemetaan semakin hari semakin berkembang. Saat ini untuk survei topografi, alat yang digunakan

adalah Total Station, GNSS, drone, dan Terrestrial Laser Scanner. Pada penelitian ini akan mengukur 2 stockpile dan membandingkan hasil perhitungan volume dari data TS, TLS, dan GPS. Sebagai acuan, hasil pengukuran TLS. Uji ketelitian menggunakan RMSE (Root Mean Square Error) di beberapa titik ICP (Independent Check Point).

Pada penelitian ini nilai RMSE volume antara TS dan TLS memiliki selisih kecil. Sedangkan hasil perhitungan volume dengan GPS RTK dan TLS memiliki nilai deviasi yang lebih besar pada area studi. hasil uji RMSE dari (ICP) didapatkan RMSE dari hasil koordinat Total Station terhadap TLS pada area studi yang berada di gudang sebesar 0,001 m pada absis, 0,002m pada ordinat, dan 0,001 m pada ketinggian. Dan pada GPS RTK (0,007)M pada absis, (0,006) m pada ordinat , dan (0,005)m pada ketinggiannya. Jika pada studi area timbunan didapatkan nilai RMSE pada Total Station  (0,002) m, (0,001) m, (0,002) m dan pada GPS RTK  (0,008) m, (0,008) m, (0,004) m.


Keywords


Kata Kunci: Total Station, GPS RTK, Terrestrial Laser Scanner, Independent Check Point, Volume

Full Text:

PDF

References


Ghilani, C. D., & Wolf, P. R. 2006. Adjustment Computation: Spatial Data Analysis (4th ed.). Hoboken: John Wiley & Sons.

YAKARA, M. AND YILMAZB, H.M. 2008.USING IN VOLUME COMPUTING OF DIGITAL CLOSE RANGE PHOTOGRAMMETRY. THE INTERNATIONAL ARCHIVES OF THE PHOTOGRAMMETRY, REMOTE SENSING AND SPATIAL INFORMATION SCIENCES. VOL. XXXVII. PART B3B. BEIJING.

]Basuki, S. 2006.Ilmu Ukur Tanah.Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.Universitas Gadjah Mada (UGM)

Quintero, M. S., Genechten, B. V., Heine, E., & Garcia, J. L. 2008. Tools for Advanced Three-dimensional Surveying inRisk Awarness Project (3DRiskMapping). Leonardo daVinci Programme of the European Union.

Reshetyuk, Y. 2009. Self-Calibration and Direct Georeferencing in Terrestrial Laser Scanning.Stockholm: VDM Verlag.

Reddington, J, 2005, HDS traing manual, Leica geosystem.

Winardi. 2006. Penentuan Posisi Dengan GPS Untuk Survei Terumbu Karang. Jakarta. Puslit Oseanografi Lipi.

Andi. 2009. Global Positioning System. Yogyakarta: Penerbit Andi

Anna Rosida, dkk 2013. Perbandingan Ketelitian Perhitungan Volume Galian Menggunakan Metode Cross Section dan Aplikasi Lain. Semarang. Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro.

Irvine, W. 1995.Penyigian untuk Konstruksi. Bandung: Penerbit ITB. Nurjati, Chatarina. 2005. Modul Ajar Ilmu Ukur Tanah I. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v14i1.4027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.