REDUKSI DATA PEMERUMAN MENGGUNAKAN TIDAL CONSTITUENT AND RESIDUAL INTERPOLATION (TCARI) (STUDI KASUS: SELAT MAKASSAR)

Duty Kendartiwastra, Danar Guruh Pratomo, Eko Yuli Handoko

Abstract


Koreksi data pemeruman biasanya dilakukan dengan mengurangi nilai kedalaman terhadap tinggi muka air laut yang telah tereferensi terhadap chart datum di waktu yang sama. Faktanya, perbedaan lokasi pemeruman dan pengamatan pasut menyebabkan tinggi muka air laut di kedua tempat tersebut tidak sama dalam waktu yang sama. Hal tersebut terjadi karena adanya perambatan nilai amplitudo dan fase gelombang pasut yang terjadi karena perbedaan karakteristik pasut antara satu wilayah dengan wilayah yang lain. Pembuatan tidal zoning menggunkana metode Tidal Constituent and Residual Interpolation merupakan salah satu solusi untuk permasalahan ini. Kostanta dan residual didapatkan dari data pengamatan 7 stasiun pasut di sekitar Selat Makasssar menggunakan metode least square. Keduanya kemudian diinterpolasi di atas grid yang telah dibobotkan, lalu dihitung menggunakan persaamaan Laplace. Selanjutnya, ekstraksi tinggi muka air laut dilakukan pada zona pemeruman yang terletak 27,752  kilometer dari Stasiun Mahakam. Dengan interval convidence 95%, menunjukkan bahwa hasil batimetri yang telah terkoreksi oleh tidal zoning dan pengamatan pasut secara langsung memberikan perbedaan yang signifikan.


Keywords


Pemeruman, Tidal Zoning, Pasut

Full Text:

PDF

References


Ali, M., Hadi, S., & Mihardja, D. K. (1994). Pasang Surut Laut. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Basith, A., & Prakoso, Y. (2015). Kontribusi Kostanta Pasang Surut Perairan Dangkal.

Cisternelli, M., & Martin, C. (n.d.). A Comparison of Discrete Tidal Zoning and Tidal Constituent and Residual Interpolation (TCARI) Methodologies For Use in Hydrographic Sounding Reduction.

Hasan, M. I. (2013). Pokok-pokok Statistik 1. Bumi Aksara.

Hess, K., Schmq, R., Zervqs, C., & Collier, W. (2004). Tidal Constituent and Residual Interpolation (TCARI): A NewMethodfor theTidolCorrectionof Bothymetric Doto. US: NOAA.

Setyadi. (2015). Hitung Perataan Kuadrat Terkecil. Bandung: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Thomson, R., & Emery, W. (1998). Data Analysis Methods in Physical Oceanography. Pergamon, USA.

Wolocot, D. (2008). Standar Operation Procedur of TCARI. America: NOAA.

Xavier, L. (2002). An Introduction to Underwater Acoustic. United Kingdom: Praxis Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v14i1.4196

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.