ZONASI KAWASAN TERDAMPAK AKIBAT SEBARAN BUBBLE DI LUAR BATAS TANGGUL LUMPUR LAPINDO DENGAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (SIG)

Dwi Wahyuningsih, Muhammad Taufik, Chatarina Nurjati Supadiningsih

Abstract


Peristiwa semburan panas lumpur Lapindo yang terletak di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo telah memasuki usia 5 tahun. Beragam peristiwa secara fisik terjadi seperti rusaknya infrastruktur, fasilitas dan sarana umum (fasum), maupun bencana geologi. Berbagai upaya telah ditempuh untuk menanggulangi penyebarannya. Pembendungan yang dilakukan di daerah luapan lumpur Lapindo telah menimbulkan gerakan tanah secara dinamis  dan memunculkan semburan baru yang mengeluarkan gas mudah terbakar yang beriisi air maupun lumpur yang tertahan di bawah lapisan sedimen tersebut.

 

Dengan pemanfaatan teknologi Global Positioning System (GPS) yaitu untuk melakukan pengamatan langsung di lapangan terhadap posisi deteksi arah persebaran bubble maupun luas daerah yang terdampak. Maka dengan memanfaatkan teknologi Sistem Informasi Geografis (SIG  dan didukung dengan adanya data spasial topografi Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo beserta data non-spasial yang meliputi informasi rekahan dan persebaran bubble yang telah dilakukan pengamatan sebelumnya. Dari data-data tersebut,  maka dilakukan pengolahan data sehingga dapat menunjang pembuatan zoning wilayah terdampak yang diakibatkan oleh  adanya sebaran bubble di luar batas tanggul lumpur Lapindo.

 

Dengan mengambil lokasi penelitian di area terdampak sebaran lumpur Lapindo. Maka diharapkan dari penelitian ini mampu memanfaatkan hasil akhir penelitian berupa peta zoning wilayah terdampak yang di tiap tahunnnya mengalami prosentase tersendiri.

Keywords


Bubble, Sistem Informasi Geografis, Peta Zoning

Full Text:

PDF

References


Aronoff, Stanley. 1989. Geographic Information Systems: A Management Perspective. Canada: WDL Publications.

Augustia, M. S. 2010. Pemanfaatan Data Citra Multitemporal Untuk Prediksi Arah Sebaran Lumpur Lapindo Di Kabupaten Sidoarjo. Surabaya: Teknik Geomatika-ITS.

Departemen Pekerjaan Umum. 2006. Konsep Dasar Panduan Penyusunan Peraturan Zonasi Wilayah Perkotaan. Jakarta: Dept. PU.

Endriyo, Riko. 2010. SIG Untuk Pemantauan Area Terdampak Lumpur Lapindo Dengan Citra Satelit Multitemporal 2006-2010. Surabaya : Teknik Geomatika-ITS, 2010.

Gumelar, D. 2007. Data Spasial. . Dikunjungi pada tanggal 15 Agustus 2011, jam 11.09.

Khomsin. 2004. Buku Ajar Pemetaan Digital. Surabaya : Program Studi Teknik Geodesi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan-ITS.

Konecny, Gottfried. 2003. Geoinformation Remote Sensing, Photogrammetry and Geographic Information Systems. New York: Taylor and Francis Inc.

Prahasta, Eddy. 2002. Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung : Informatika, 2002.

Widodo, Amien. 2008. Usulan Pemetaan Kawasan Beresiko di Sekitar Tanggul Lumpur. . Dikunjungi pada tanggal 31 Maret 2011, jam 09.31.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v7i1.4214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.