PENGGUNAAN DATA HYPERSPECTRAL FIELDSPEC DAN AIRBORNE HYMAP UNTUK PERHITUNGAN CANOPY WATER CONTENT (CWC) TANAMAN PADI DI KABUPATEN INDRAMAYU, PROPINSI JAWA BARAT

Dian Ratnasari, Bangun Muljo Sukojo, Agus Wibowo

Abstract


Dalam perkembangan teknologi saat ini telah banyak sekali metode yang digunakan penerapannya untuk pengembangan potensi pertanian. Salah satunya untuk sistem informasi tentang deteksi kekeringan lahan padi, metode yang digunakan untuk menganalisa status kekeringan tersebut menggunakan FieldSPec dan Hymap. Pada penelitian ini pengukuran dilakukan pada 3 tahap pertumbuhan yaitu vegetatif, reproduktif, dan ripening dengan sensor ditempatkan pada 10 cm dan 50 cm. Untuk menentukan model terbaik maka dilakukan perhitungan regresi linier antara Normalized Difference Water Index (NDWI), Water Index (WI), dan data biomassa padi. Dimana perhitungan ini dipotong menjadi 2 bagian 70% dan 30% untuk mendapatkan R2 terbesar dan RMSE terkecil. Model yang dipilih diaplikasikan pada citra Hymap untuk mengetahui sebaran Canopy Water Content dan Vegetation Water Content. Hasil perhitungan menunjukkan ada nilai negatif yaitu di lokasi yang tanaman padinya kering. Pemetaan menggunakan NDWI lebih sesuai dengan kondisi lapangan dibandingkan dengan pemetaan menggunakan WI. Selanjutnya hasil dari penelitian ini adalah berupa peta zonasi kekeringan lahan padi dari data FieldSpec dan citra Hymap.

Keywords


FieldSpec, Hymap, Padi, Regresi

Full Text:

PDF

References


Asdi. FieldSpecĀ® 3, . Dikunjungi pada tanggal 6 Januari 2010 jam 13.12

Casdiraku. 2009. Potret Pertanian Indramayu Paradoks Lumbung Padi Jawa Barat. . Dikunjungi pada tanggal 2 Januari 2010, jam 18.45 WIB.

Clevers, et al. 2007. Estimating Canopy Water Content Using Imaging Spectroscopy. Netherlands.

Darmawan, arief, dkk. ________. Quantitative Analysis From Unifying Field and Airborne Hyperspectral in Prediction Biophysical Parameters by Using Partial Least Square (PLSR) and Normalized Difference Spectral Index (NDSI). Jakarta: BPPT.

Evri, muhammad. 2009. TR03: Model Prediksi Padi. Jakarta: BPPT.

HyVista, 2009. HyVista Corporation: Sensors, . Dikunjungi pada tanggal 6 Januari 2010 jam 13.22

M sidik. 2008. Pengolahan Data FieldSpec Level 1.0 Menjadi Data Level 2.0. Jakarta: BPPT.

M sidik. 2008. Pengolahan Data FieldSpec menjadi Hymap Synthetic. Jakarta: BPPT.

Wibowo, agus, dkk. 2008. TN25: Pengolahan Data FieldSpec. Jakarta: BPPT.

Wikipedia. Kabupaten Indramayu. . Dikunjungi pada tanggal 2 Januari 2010, jam 19.05 WIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v6i2.4244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.