GEOMARINE 1: AUTONOMOUS USV (UNMANNED SURFACE VEHICLE) UNTUK MENDUKUNG SURVEI HIDRO-OCEANOGRAFI

Danar Guruh Pratomo, Andi Rahmadiansah, Mokhamad Nur Cahyadi, Ira Mutiara Anjasmara, Khomsin Khomsin, Fajar Setio Adi

Abstract


Survei hidro-oceanografi dilakukan untuk mengetahui karakteristik fisik dari suatu perairan. Salah satu kegiatan yang termasuk dalam survei hidro-oceanografi adalah penentuan kedalaman dan pencitraan bentuk topografi dasar laut. Pada umumnya, survei tersebut dilakukan dengan menggunakan wahana apung (kapal) yang relatif besar yang minimal dapat menampung surveyor dan pengemudi kapal. Wahana apung konvensional tersebut memiliki keterbatasan dalam bermanuver, terutama di daerah perairan yang dangkal dan sempit. Keterbatasan dalam mobilisasi, juga menjadi kendala ketika wahana apung konvensional akan digunakan untuk survei di area perairan pedalaman (sungai, waduk, dam, bekas galian tambang).

Geomarine 1 merupakan solusi alternatif untuk melakukan survei hidro-oseanografi di daerah perairan dimana penggunaan wahana apung konvensional tidak dapat digunakan secara efektif. Geomarine 1 merupakan wahana apung tanpa awak (Unmanned Surface Vehicle) yang memiliki sistem mandiri (autonomous).  Wahana apung tanpa awak ini dilengkapi dengan sensor anti tabrakan (collision avoidance) dan fungsi kembali ke titik awal (home return) apabila survei sudah selesai dilakukan ataupun pada saat baterai akan habis. Sensor survei hidro-oceanografi yang terdapat pada wahana ini merupakan kombinasi sensor akustik dan optik. Sensor akustik digunakan untuk penentuan kedalaman dan pencitraan topografi dasar laut, sedangkan sensor optik digunakan untuk perekaman kondisi fisik perairan secara visual.


Keywords


Autonomous; Wahana apung tanpa awak; Hidro-Oseanografi; Topografi Dasar Laut

Full Text:

PDF

References


Alberto, R., Pierluigi D. (2012). Autonomous Unmanned Surface Vessels for Hydrographic Measurement and Environmental Monitoring. https://www.fig.net/resources/proceedings/fig_proceedings/fig2012/papers/ts04d/TS04D_romano_duranti_6118.pdf. diakses pada 19 Juli 2017.

Newman, Paul. (2010). Unmanned Vehicle for Shallow and Coastal Waters. http://www.ths.org.uk/documents/ths.org.uk/downloads/shallowwater_auv_and_usv.pdf. diakses pada 19 Juli 2017)

Ni Made Rai R., Suwardhi D. (2014). Pembangunan Sistem Penentuan Posisi dan Navigasi Berbasiskan Sistem Unmanned Surface Vehicle (USV) untuk Survey Batimetri. http://jurnalonline.itenas.ac.id/index.php/rekayasa/article/view/476. diakses pada tanggal 18 Juli 2017.

Prabhu, T. (2016). Unmanned Surface Vehicle (USV) For Coastal Surveillance. https://www.iaeme.com/MasterAdmin/uploadfolder/IJMET_07_03_002-2/IJMET_07_03_002-2.pdf. diakses pada tanggal 18 Juli 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v13i2.4252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.