PEMANFAATAN CITRA SATELIT QUICKBIRD UNTUK PEMETAAN POTENSI DAN KELAYAKAN TAMBANG BATUAN KAPUR (STUDI KASUS : KEC. SEMANDING, TUBAN)

Bangun Muljo Sukojo, Sep Hamdan Rif’anuddin

Abstract


Batu kapur merupakan salah satu barang tambang yang banyak terdapat di Indonesia. . Pegunungan kapur di Indonesia menyebar dari barat ke timur mulai dari pegunungan di Jawa Tengah hingga ke Jawa Timur, Madura, Sumatra dan Irian Jaya. Tuban berada dalam cekungan Jawa Timur bagian utara dan dimungkinkan sebagai wilayah potensial terdapatnya berbagai sumberdaya mineral, salah satunya adalah batuan gamping atau batuan kapur. Batu kapur di daerah Tuban tersebar di beberapa kecamatan, salah satunya yakni di kecamatan Semanding. Perlu dilakukan pemetaan potensi untuk mengetahui seberapa besar peluang untuk melakukan proses penambangan. Selain itu, perlu juga dilakukan nalisa mengenai kelayakan area untuk dilakukan penambangan. Hal ini perlu dilakukan karena berpengaruh terhadap nilai ekonomis penambangan. Proses pemetaan dilakukan dengan menggunakan data tutupan lahan kerapatan vegetasi dan geologi lapisan batuan di Kecamatan Semanding. Dari ketiga parameter dilakukan proses overlay dengan mempertimbangkan bobot setiap parameter. Berdasarkan hasil pengolahan, potensi kapur di kelaskan menjadi 5 kelas yakni potensi sangat rendah, rendah, sedang, tinggi, dan sangat tinggi. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa di Kecamatan Semanding memiliki potensi tinggi, dengan besaran prosentase 41%. Pada pengolahan area layak tambang, didaptkan area seluas 5070.330 hektar potensi kapur layak tambang.

Keywords


Batu Kapur; Citra Satelit; Quickbird; Overlay; Layak Tambang

Full Text:

PDF

References


Abidin, H, Z. 2002. Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya. Jakarta: PT Pradnya Paramita.

Danoedoro, Projo. 1996. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta : Fakultas Geografi. Universitas Gadjah Mada.

Majid, D. A., 2017. "Pemetaan Potensi Batuan Kapur menggunakan Metode Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis di Kabupaten Tuban". Laporan Tugas Akhir. Surabaya: Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Novella, M. S., 2017. "Identifikasi Batu Kapur Berdasarkan Tekstur menggunakan Metode Learning Vector Quantization". Yogyakarta: Universita Mercu Buana.

Soenarmo, S. H., 2009. Penginderaan Jauh dan Pengenalan Sistem Infromasi Geografi Untuk Bidang Ilmu Kebumian. Bandung : Institut Teknologi Bandung (ITB).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v14i2.5959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.