KALIBRASI KAMERA NON-METRIK DIGITAL DENGAN METODE SELF CALIBRATION

Bayu Angkusprana Saktia, Teguh Hariyanto

Abstract


Penggunaan kamera dijital non metrik untuk aplikasi fotogrametri makin berkembang, dengan didukung oleh perkembangan perangkat lunak  yang tersedia dan harga kamera dijital non metrik yang relatif murah dengan spesifikasi yang bagus. Hal ini membuat penggunaan teknologi fotogramteri rentang dekat untuk pekerjaan pemetaan semakin diminati karena memiliki keuntungan dapat menjangkau daerah yang sulit dijangkau atau memiliki dimensi yang kecil. Namun kekurangannya kamera jenis ini memiliki kualitas geometrik yang kurang baik sehingga mengakibatkan posisi pada foto yang dihasilkan kurang akurat. (Afriyanti, 2005)
Dalam penelitian ini akan dilakukan proses kalibrasi pada kamera yang akan digunakan yaitu Canon IXUS 115HS dengan resolusi 12megapixel dan panjang fokus yang digunakan 11mm. Metode kalibrasi yang digunakan yaitu Self Calibration. Perbandingan akurasi yang dihasilkan diketahui berdasar pergeseran titik hasil proyeksi terhadap Ground Control Point (GCP) yang terukur di lapangan.Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam proses kalibrasi menghasilkan parameter eksternal yang stabil, karena dalam proses iterasi yang keempat hingga seterusnya nilai yang dihasilkan tidak berubah. Distorsi hasil proyeksi arah pergeserannya mendekati posisi ideal serta nilai reprojection error tidak melebihi 0.5mm dari bacaan maksimal mistar 1mm. Parameter internal tidak menghasilkan nilai yang stabil karena dalam setiap proses iterasinya nilainya selalu berubah, panjang fokus terkalibrasi mengalami perubahan signifikan sebesar -99mm dari nilai acuan 11mm, dan nilai parameter external terkalibrasi berbeda jauh dari nilai awal yang diberikan.Meskipun demikian, dapat digambarkan pola distorsi dan arah pergeseran titik-titik hasil proyeksi pada proses penentuan Exterior Orientation Parameter (EOP) serta dapat dilihat bahwa titik yang mengalami pergeseran terbesar yaitu titik 7 dengan nilai kesalahan 0.019mm ke arah X dan -0.0672mm ke arah Y. Titik yang mengalami pergeseran terkecil yaitu titik 8 yang berada di pusat foto dengan nilai kesalahan -0.0026mm ke arah X dan 0.0071mm ke arah Y.


Keywords


fotogrametri; kalibrasi kamera; canon IXUS115 HS; IOP, EOP

Full Text:

PDF

References


Afriyanti, R. 2005. Pembuatan Peta Foto Dengan Metode Mosaik Semi Terkontrol Menggunakan Foto Udara Format Kecil Non Metrik. Tugas Akhir. Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Surabaya

Atkinson. K.B. 1996. Close Range Photogrammetry and Machine Vision. Whittles Publishing. Scotland, UK.

Atkinson. 2000. Theory of Close Range Photogrammetry, Ch.2 Coordinate Transformations.http://www.lems.brown.edu/vision/people/leymarie/Refs/Photogrammetry/General.html

Cooper, M.A.R., dan S. Robson. “Theory of Close Range Photogrammetry.” Dalam Close RangePhotogrammetry and Machine Vision, oleh K.B. Atkinson. Scotland: Whittles Publishing, 1996.

Dipokusumo,B.S., 2001. Pengantar Fotogrametri. Bandung : Departemen Teknik Geodesi ITB.

Fryer, J.G. “Camera Calibration for Non Topographic Photogrammetry.” Dalam Non Topographic Photogrammetry, oleh H.M. Karara. ASPRS, 1989.

Hanifa, N.R. 2007. Studi Penggunaan Kamera Digital Low Cost Non Metric Auto Focus Untukpemantauan Deformasi. Thesis. Institut Teknologi Bandung. Bandung

Harintaka,dkk. 2008. “Pemodelan ketidakstabilan kamera dan gerakan Pesawat pada saat pemotretan Foto udara format kecil”. Yogyakarta : Universitas Gadjah Mada

Harintaka, 2003, Penggunaan Persamaan Kolinier Untuk Rektifikasi Citra Satelit SPOT Secara Parsial, Media Teknik, Edisi Mei, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada.

Hidayat, H. 2012. Optimalisasi image-based architectural Modeling pada googld sketchup Menggunakan kamera amatir digital Terkalibrasi. Tugas Akhir, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya.

Kusudarma, A. 2008. Aplikasi Close Range Photogrammetry Dalam Pemetaan Bangun Rekayasa Dengan Kamera Dijital Non Metrik Terkalibrasi. Tugas Akhir, Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Lillesand, T.M. dan Kiefer,R.W., 1990. Penginderaan Jauh dan Interpretasi Citra. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Rockwell, K. 2010. Canon IXUS 115HS and G11 Reviews, .

Wijayanti, M. 2008. Ujicoba Penentuan Unsur-Unsur Orientasi Dalam Kamera Digital Non-Metrik Dengan Metode Pendekatan Sederhana Studi Kasus : Kamera Nikon Coolpix 7900. Tugas Akhir. Institut Teknologi Bandung. Bandung.

Wolf, P.R., 1983, Elements of Photogrammetry, 2nd edition, McGraw-Hill Book Company, USA.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v8i2.721

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.