ANALISA SEA LEVEL RISE PERAIRAN INDONESIA MENGGUNAKAN DATA SATELIT ALTIMETRI JASON-2 TAHUN 2009-2012

Nur Rahman, Khomsin Khomsin

Abstract


Kenaikan muka air laut (Sea Level Rise) disebabkan oleh semakin meningkatnya suhu global bumi atau yang biasa disebut dengan pemanasan global. Fenomena ini harus diwaspadai, mengingat luas perairan di Indonesia mendominasi sebesar 75,32 % serta banyak terdapat pemukiman maupun pusat perekonomian yang terletak dekat dengan perairan. Dengan luas perairan yang sangat besar maka metode pengamatan konvensional seperti menggunakan kapal survei kelautan bukanlah metode yang efektif dan efisien. Penggunaan teknologi satelit altimetri menjadi salah satu alternatif yang tepat untuk mengamati fenomena ini. Salah satu satelit altimetri tersebut adalah Satelit Jason-2. Pemantauan kenaikan muka air laut dilakukan pada perairan Indonesia dalam kurun waktu 4 tahun (2009-2012) dengan mengambil 20 titik pengamatan. Terdapat 12 titik yang mengalami kenaikan dengan kenaikan terbesar mencapai 12 mm/tahun yaitu di titik Samudera Pasifik tepatnya sebelah utara Papua Barat, sedangkan kenaikan muka air laut terkecil terjadi pada titik Selat Makassar dengan kenaikan sebesar 0,587 mm/tahun.

Keywords


altimetri; jason-2; sea level rise

Full Text:

PDF

References


Pusat Data Statistik dan Informasi Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, 2010. Data Pokok Kelautan dan Perikanan Tahun 2009. Jakarta.

Ilk, K.H., Flury, J., Rummel, R. 2005. Mass Transport and Distribution in the Earth System. Technise Universitat Munchen.

Gregory, J. 2008. “Sea Level Rise”. Planet Earth.

Meliana, T. 2005. “Studi Daerah Rawan Genangan Akibat Kenaikan Paras Muka Laut dan Penurunan Muka Tanah di Jakarta Utara”. Bandung: Tugas Akhir Sarjana, Departemen Geofisika dan Meteorologi, Institut Teknologi Bandung.

AVISO dan PODAAC. 2012. User Handbook IGDR and GDR Products: edition 4.2. NASA dan CNES.

AVISO. 2011 OSTM/Jason-2 Products Handbook. CNES, EUMETSAT, JPL, NOAA/NESDIS

Nurmaulia, S.L, Prijatna.K, dan Darmawan.D. 2005. “Studi Awal Perubahan Kedudukan Muka Laut (Sea Level Change) di Perairan Indonesia berdasarkan Data Satelit Altimetri TOPEX/Poseidon”. Bandung: Jurusan Teknik Geodesi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan-ITB.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j24423998.v9i2.744

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Geoid Journal of Geodesy and Geomatics by Department of Geomatics Engineering - ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.