Perencanaan Sistem Drainase Apartemen Royal Afather World, Waru-Sidoarjo

Safira Nur Afifah, Umboro Lasminto, Edijatno Edijatno

Abstract


Seiring dengan laju pertumbuhan Kota Surabaya, investasi melalui kepemilikan properti menjadi tren saat ini. Apartemen menjadi properti yang perkembangannya cukup pesat, salah satunya yang terbaru adalah Apartemen Royal Afather World. Lokasi superblok apartemen ini sangat strategis, yaitu dekat dengan akses Tol Waru-Juanda di perbatasan Surabaya-Sidoarjo. Oleh sebab itu, perencanaan drainase apartemen harus dilakukan sebaik mungkin untuk mencegah dampak banjir di kawasan sekitarnya.

Namun, diketahui pembangunan apartemen ini menyebabkan alih fungsi lahan yang besar sehingga koefisien pengaliran (C) lahan berubah menjadi 4 kali lipat. Untuk mencapai prinsip Zero Delta Q,, sistem drainase Apartemen Royal Afather World direncanakan dengan cara <50% debit banjir kawasan (Q) boleh dibuang ke saluran kota, sedangkan >50% sisanya ditahan di dalam kawasan sampai hujan berhenti.

Berdasarkan analisis dan perhitungan yang telah dilakukan, sistem drainase pada apartemen dibagi menjadi 2 sistem. Q dari sistem drainase jalan langsung dibuang ke saluran Kali Perbatasan, sedangkan Q sistem drainase atas/tower ditahan di kolam tampung. Kolam direncanakan dapat menampung Q dengan durasi hujan (td)=90 menit. Outflow kolam direncanakan menggunakan valve untuk mengatur tinggi muka air kolam (h) <0,9 m.


Keywords


Drainase, koefisien pengaliran (C), Zero Delta Q, kolam tampung, valve

Full Text:

PDF

References


Triatmodjo, Bambang. 2014. Hidrologi Terapan. Yogyakarta : BETA OFFSET

Soewarno. 1995. Aplikasi Metode Statistik untuk Analisis Data Jilid 1. Jakarta : NOVA

BR, Sri Harto. 1993. Analisis Hidrologi. Jakarta : GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA

Suripin. 2004. Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta : ANDI

Anggrahini. 2005. Hidrolika Saluran Terbuka. Surabaya : SRIKANDI

Sofia, Fifi. 2006. Modul Ajar Sistem dan Bangunan Drainase. Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/jh.v2i2.4408

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Hidroteknik oleh LPPM ITS disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada https://iptek.its.ac.id/index.php/hidro/index.