Pemodelan Aliran 1D pada Bendungan Tugu Menggunakan Software HEC-RAS

Sintya Maghfira Ismawati, Umboro Lasminto

Abstract


Dalam perencanaan bangunan air khususnya perencanaan bendungan dilakukan suatu perhitungan aliran untuk mendapatkan profil muka air. Perhitungan aliran tersebut menggunakan konsep steady atau unsteady flow. Perhitungan steady flow dapat dilakukan secara analitis sehingga diperoleh aliran seragam, sementara untuk perhitungan unsteady flow diperlukan suatu program bantu guna untuk mempermudah perhitungan, salah satu program bantu yang dapat digunakan adalah HEC-RAS. Program HEC-RAS merupakan salah satu program pemodelan analisis hidraulika aliran pada saluran/sungai.

Pemodelan aliran dengan HEC-RAS pada Bendungan Tugu dapat disimulasikan menjadi 2 cara. Cara 1 yaitu dengan memodelkan waduk sebagai River Station dan bendungan sebagain Inline Structure. Sementara untuk cara ke 2, waduk dimodelkan sebagai Storage Area dan bendungan sebagai Inline Structure. Pemodelan geometri pelimpah dapat disimulasikan ke dalam kedua pemodelan tersebut. Hasil dari beberapa pemodelan tersebut salah satunya yaitu profil permukaan air, hasil inilah yang digunakan untuk membandingkan dengan hasil perhitungan analitis.

Dari hasil beberapa pemodelan yang telah dilakukan diperoleh elevasi muka air waduk pada kondisi debit periode ulang 1000 tahun sebesar +256.07(pemodelan cara 1), dengan debit yang sama untuk pemodelan dengan cara 2 diperoleh elevasi muka air sebesar +255.99. Sementara untuk hasil perhitungan analitis tinggi muka air waduk berada pada elevasi +256.65(Q1000), dengan begitu maka selisih antara hasil perhitungan analitis dengan pemodelan menggunakan HEC-RAS tidak jauh berbeda. Salah satu kelebihan perencanaan desain hidraulik bendungan menggunakan software HEC-RAS adalah apabila terdapat alternatif desain baru maka dapat disimulasikan lebih cepat dibandingkan dengan perhitungan analitis.

 


Keywords


Bendungan, HEC-RAS, spillway, waduk.

Full Text:

PDF

References


Dep. PU Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Surabaya. 2010. Laporan Akhir Pekerjaan Proyek Pembangunan Bendungan Tugu. Kabupaten Trenggalek.

Hydrologic Engineering Center. 2010. HEC-RAS River Analysis System, Hydraulic Reference Manual, Version 4.1.0, January 2010. U.S. Army Cormps of Engineers, Davis, CA.

Istiarto. 2014. Simulasi Aliran 1-Dimensi Dengan Bantuan Paket Program Hidrodinamika Hec-Ras. Modul Pelatihan Simple Geometry River. Yogyakarta.

Hydrologic Engineering Center. 2010. HEC-RAS River Analysis System, User’s Manual, Version 4.1.0, January 2010. U.S. Army Cormps of Engineers, Davis, CA.

Istiarto. 2014. Simulasi Aliran 1-Dimensi Dengan Bantuan Paket Program Hidrodinamika Hec-Ras. Junction and Inline Structures. Yogyakarta.

Istiarto. 2014. Simulasi Aliran 1-Dimensi Dengan Bantuan Paket Program Hidrodinamika Hec-Ras. Lateral Structure, Storage Area, and Pump Station. Yogyakarta.

Ansori, M. B., Carlier, E. Sediment Transport in Meandering River (Application to Hydraulics River Management and Contribution to an Albert Einstein's Theory Validation).Proceeding Seminar Nasional Pascasarjana IX-ITS (2013).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/jh.v2i2.4412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Jurnal Hidroteknik oleh LPPM ITS disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.
Berdasarkan ciptaan pada http://iptek.its.ac.id/index.php/hidro/index.