Desain Interior Car Body Kereta Api Komuter Khusus Wanita di Indonesia (Studi Kasus: Kereta Rel Diesel Elektrik Prambanan Ekspress)

Aditya Mumtaz, Bambang Tristiyono

Abstract


Meningkatnya kepadatan penumpang pada moda transportasi berbanding lurus dengan tindak kriminalitas. Kabin penumpang khusus wanita yang terdapat pada KRL & KRDE merupakan bentuk peningkatan layanan yang diharapkan menjadi salah satu ujung tombak dalam hal perlindungan terhadap konsumen khususnya perempuan. Kabin penumpang khusus wanita yang masih menggunakan standar kabin umum pada KRDE Prambanan Express mengakibatkan kesan feminim kurang menonjol pada interior. Kedua, atribut interior belum sesuai dengan ergonomi & anthropometri penumpang wanita. Ketiga, LOPAS perlu disesuaikan dengan kebiasaan dan kecenderungan penumpang wanita. Keempat, perlunya penyesuaian bentuk & sistem paneling untuk mempermudah perawatan dan produksi. Perancangan ini berfokus pada redesain kabin penumpang khusus wanita di KRDE Prambanan Express, meliputi penambahan sign, recolour, dan penambahan utilitas untuk menonjolkan kesan feminim. Kedua, pembuatan atribut interior sesuai ergonomi dan anthropometri penumpang wanita. Ketiga, penyesuaian LOPAS dengan kebiasaan dan kecenderungan penumpang wanita sehingga tidak menimbulkan penumpukan. Keempat, implementasi sistem modular agar kabin menjadi mudah perawatan & produksinya.

Keywords


modular; car body; feminin; KRL

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. 2014. Data Penumpang Kereta Api. Diakses 15 Juni 2014 pada situs: https://www.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/1417

Arfianto, M.R. (2013). Analisis Konsumsi Daya pada Gerbong Kereta Api Penumpang Kelas Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi. Digital Library UNDIP.

Azu.(2010). Soalan Mesin KRDI & KRD MCW 301-302. Diakses 14 Juli 2015, dari Semboyan 35: http://www.semboyan35.com/showthread.php?tid=4143

Fayyadl, M. (2012). Analisis Kebisingan Kereta Api Prambanan Ekspress. Digital Library UNS.

Hendra, A. (2013). Desain KRL Jabodetabek Dengan Konsep Fresh, Clean. Digital Library ITS.

Nuraeni, T. (2011). Perhitungan Ulang Sistem Pengkondisian Udara pada Gerbong Kereta Api Penumpang Eksekutif Malam (KA Gajayana). Digital Library ITS.

PT. INKA. (2010). Kereta Berpenggerak. Diakses 15 Juli 2014, dari INKA:http://www.inka.co.id/?page_id=44

R. Tilley, A. (2002). The Measure of Man and Woman: Human Factors in Design. New York: Henry Dreyfuss Associates.

Iqbal, M. [s.a.]. Desain Eksterior dan Interior Trem sebagai Sarana Transportasi Kota Solo dengan Konsep Aman, Nyaman, dan Ikon Solo Bertema Ekletik. Digital Library ITS.

Kurniawan, A. [s.a.]. Desain Eksterior dan Interior KRD Bandara Juanda Surabaya. Digital Library ITS.

Kusuma, P.A. [s.a.]. Desain Interior Trailer Car Kereta Rel Diesel Elektrik Prambanan Express.. Digital Library ITS.

Tristiyono, B. (2009). DESAIN INTERIOR KERETA API KELAS EKSEKUTIF GENERASI TERBARU DENGAN KONSEP MODULAR. Digital Library ITS.

Widiastuti, E. (2011). Penumpang K.A. Prameks Dibatasi 150 Orang per Gerbong. Dipetik June 15, 2014 dari Solopos: http://www.solopos.com/2011/09/19/penumpang-ka-pramkes-dibatasi-150-oranggerbong-116203

Wikimedia Foundation. (2003). Kereta Api Prambanan Ekspress. Dipetik July 15, 2015 dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Prambanan_Ekspres

Wikimedia Foundation. (2003). Kereta Penumpang. Dipetik July 14, 2015 dari Wikipedia: https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_penumpang




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v16i1.2830

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSNĀ 2580-0264 dan p-ISSNĀ 1411-3023