Media Interaktif Belajar Budaya di Museum Lumajang

Primaditya Hakim, Arie Kurniawan, Naila Maharani Vianahar

Abstract


Museum menjadi sarana menanamkan nilai budaya, edukasi dan karakter pada anak-anak. Museum Lumajang yang berdiri pada tahun 2015 melakukan pengembangan untuk meningkatkan jumlah pengunjung, terutama anak-anak. Museum Lumajang membutuhkan media interaktif untuk menarik pengunjung menanamkan informasi, kesan, dan pengalaman. Untuk mencapai tujuan tersebut dulakukan penelitian studi media interaktif di Museum Lumajang. Studi rekonstruksi sejarah dilakukan untuk mengetahui sejarah, alur cerita dan nilai yang terkandung dalam sejarah kesenian Lumajang. Analisa roleplay permainan dilakukan untuk menerapkan alur cerita nilai karakter dan edukasi pada skenario permainan. Studi tata letak digunakan untuk menerapkan skenario permainan pada ruang budaya Museum Lumajang. Dari penelitian ini dihasilkan sebuah media interaktif mengenal kesenian Lumajang untuk anak-anak dengan konsep interaktif. Permainan ini mengajarkan sejarah kesenian Lumajang dalam sebuah alur game yang runtut. Terdapat beberapa tahap dengan urutan: anak melihat story telling sejarah secara visual, menginterpersonakan dirinya sebagai tokoh sejarah, memakaikan kostum kuda, menaiki kuda hingga garis finish, dan mengembalikan properti mainan. Game ini dapat melatih kognitif, motorik (halus), budaya, sosial dan emosi.


Keywords


budaya, game, interaktif, Lumajang, dan museum

Full Text:

PDF

References


H. Widianto, “Rencana Strategis Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman 2015-2019”

A. Purwantiny, Mengenal Sejarah dan Kebudayaan Kabupaten Lumajang, Lumajang: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Lumajang (2014)

Rahadi, Perkembangan Kesenian Tradisional Jaran Kencak (Kuda Kencak) di Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang Tahun 1972-2004, Jember: Universitas Negeri Jember (2005)

F. H. Challtis, “Art Nouveau,” vol. 4, p. 2 (2015)

S. W. Amy F. Ogata, Swedish Wooden Toys, Swedia (2012)

Chook, "Problem Solving.," 24 December 2017. [Online]. Available: 21 Maret 2018 http://www.extremekites.com.au/topic/15789-problem-solving

E. Bartholomew, “Hollywood Hobby Horse Co.,” 16 January 2003. [Online]. Available: 21 Maret 2018, dari http://www.oldwoodtoys.com/new_page_31.ht m.

Toymakingplans, 2016. [Online]. Available: 04 Januari 2018 https://www.toymakingplans.com/website/ind ex.php?cat=riding-toys.

Jarianto, “Kebijakan Pembangunan Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur,” Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Timur , Kota Batu (2018)

Siti Hanifah dan Hari Purnomo, Desain Museum Al Quran dengan Pendekatan Semiotik Melalui Tema Bercerita, Surabaya: Intitut Teknologi Sepuluh Nopember (2012)

H. S. J. Y. Arnold P.O.S. Vermeeren, Design Experience Beyond the Museum : Classical Painting as an Intoduction to Modern Culture, Delft University of Technology, Industrial Design (2016)




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/iptek_desain.v18i2.6208

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Desain IDEA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Terdaftar pada LIPI dengan e-ISSN 2580-0264 dan p-ISSN 1411-3023