Simulasi Pengaruh Kemiringan Atap Rumah Terhadap Hujan Pasir Erupsi Gunung Api

Tatas Tatas, Amien Widodo, Machsus Machsus, Muhammad Hafiizh Imaaduddiin

Abstract


Letusan vulkanologi Gunung Bromo pada Tahun 2011 memberikan dampak kerusakan dan kerugian bagi masyarakat di empat kabupaten sekitarnya, yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, dan Kabupaten Lumajang. Hujan pasir yang terjadi menyebabkan daerah di sekitar puncak tertutup pasir hingga radius lebih dari lima kilometer. Pasir tersebut menutup atap-atap permukiman serta sarana dan prasarana umum lainnya, seperti sekolah dan jalan. Letusan yang terjadi di musim hujan menyebabkan pasir yang menutup atap rumah menjadi lebih lekat dan berat. Hal tersebut menyebabkan beban berat pada atap permukiman. Karena atap bangunan tidak didesain untuk beban yang lebih besar, maka hal tersebut menyebabkan struktur atap tidak mampu menahan beban pasir sehingga atap permukiman banyak yang runtuh. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan solusi bagi rumah-rumah yang berada di sekitar gunung berapi agar apabila terjadi hujan pasir, pasir dapat dengan mudah tergelincir turun sehingga tidak terkumpul di atap rumah. Metode yang digunakan adalah dengan melakukan simulasi hujan pasir pada berbagai jenis atap, genteng tanah dan beton, seng dan asbes. Pasir yang digunakan adalah pasir yang diambil dari hasil letusan Gunung Bromo di Tahun 2011 dengan kondisi pasir kering dan basah. Hasil akhir penelitian yang diperoleh adalah variasi kemiringan atap sehingga hujan pasir yang mungkin terjadi tidak terkumpul di atas atap.


Keywords


pasir vulkanik; kemiringan atap rumah; Gunung Bromo.

Full Text:

PDF

References


BNPB. (2011). Peta Penggunaan Topo-grafi dan Penggunaan Lahan di Sekitar Gunung Api Bromo: Ra-dius Pengaruh Erupsi Gunung Bromo. Jakarta.

BPBD Provinsi Jawa Timur. (2011). Rencana Program Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Erupsi Gu-nung Bromo. Laporan Akhir. Su-ra¬¬baya

Das, B. M., (2010). Principle of Geo-tech¬nical Engineering, 7th Edi-tion. USA




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v13i2.1584

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by lppmits is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jats/index.