Material Inovatif Ramah Lingkungan: Pemanfaatan Komposit Abu Serabut Kelapa dan Fly Ash pada Pasta Semen

Ridho Bayuaji, Riky Wahyu Kurniawan, Abdul Karim Yasin, Herta Ahsani Takwim, Faizah Maulidya Afifah

Abstract


Indonesia memiliki kekayaan material lokal yang berlimpah dan belum dimanfaatkan secara maksimal pada teknologi beton. Beton adalah material utama di bidang konstruksi. Konsep utama material beton tersusun dari bahan pengikat dan pengisi. Semen, bahan pengikat utama beton yang disorot oleh pemerhati lingkungan sebagai salah industri yang tidak ramah lingkungan oleh karena pembakaran bahan baku semen di kiln memerlukan energi sampai dengan suhu 1450o C dan keluarannya adalah limbah udara CO2. Di sisi lain, senyawa kandungan semen yang dapat dimanfaatkan dalam inovasi adalah Kalsium Hidroksida (CaOH), senyawa ini akan bereaksi dengan material pozzolan dan menghasilkan produk kekuatan dan keawetan tambahan pada beton, Kalsium Silikat Hidrat (C-S-H). Material pozzolan yang akan diteliti adalah abu serabut kelapa dan fly ash sebagai bahan pozzolan komposit pada kekuatan pasta semen dengan standar SNI-03-1974-1990 pada umur hidrasi 3 dan 7 hari. Hasil penelitian ini memberi kesimpulan bahwa komposisi optimum komposit limbah sabut kelapa dan fly ash berhasil mensubtitusi 30% semen dengan komposisi: 25% abu serabut kelapa dan 5% fly ash.

Keywords


abu serabut kelapa; fly ash; pozzolan; kuat tekan; pasta semen

Full Text:

PDF

References


ASTM-C618-03. (2003). Standard Spe-ci¬fication for Coal Fly Ash and Raw or Calcined Natural Poz-zolan for Use in Concrete. Phila-delphia, USA.

Bayuaji, R., (2015). The Influence Of Microwave Incinerated Rice Husk Ash On Foamed Concrete Work-ability And Compressive Strength Using Taguchi Method. Jurnal Teknologi 75:1: 265–274.

Bayuaji, R., M. S. Darmawan, I. P. Ra-har¬djo and N. A. Husin. (2011). Characterization of Pozzolanicity Bromo’s Volcanic Ash Interna-tional Seminar on Applied Tech-nology, Science, and Arts (3rd APTECS), Surabaya.

Bayuaji, R. and M. F. Nuruddin. (2014). Influence of Microwave Incine¬rated Rice Husk Ash on Hydration of Foamed Concrete. Advances in Civil Engineering.

Kementan. (2005). Prospek dan Arah Pengembangan Agribisnis Kela¬pa.

Neville, A. M., (2010). Properties of Con¬crete (4th edn). Longman, London, Pearson.

Nuruddin, M. F. and R. Bayuaji. (2010). Sidoarjo mud: A potential cement replacement material. Civil Engi¬neering Dimension 12.1: 18-22.

Van Oss, H. G. and A. C. Padovani. (2002). Cement manufacture and the environment-Part I: Chemis¬try and technology. Journal of Industrial Ecology 6(1): 89-106.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v13i1.1590

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats