Beberapa Pengalaman Menghadapi Serangan Rayap Dan Upaya Pencegahannya pada Saat Pra dan Pasca Konstruksi

Imam Prayogo

Abstract


Serangan rayap akhir-akhir ini telah menjadi perhatian para ahli konstruksi, terutama bangunan gedung. Sebanding dengan naiknya jumlah pihak yang dirugikan akibat serangannya, semakin besar pula nilai kerugian materi maupun non materi yang ditimbulkan. Sehingga kemajuan teknologi pengendaliannyapun ikut semakin bervariasi. Dari beberapa pengalaman yang terpantau selama ini, baik di lingkungan kampus ITS maupun di tempat lain pada tingkat regional dan nasional, serangan akibat rayap sangat mungkin untuk dikendalikan mulai dari tahap Pra Konstruksi (Perencanaan) hingga Pasca Konstruksi (Operasi dan Perawatan). Rencana pengendalian cara Pisik, pada tahap perencanaan  konstruksi dan pengendalian Non Pisik  di tahap Operasi & Perawatan yang telah dilakukan, diyakini lebih berhasil guna, karena cara demikian lebih rasional atau tidak emosional serta terjamin kelanjutannya. Dengan demikian tipologi Manajemen Konstruksi yang berperan selama siklus hidup proyek (project life cycle) dapat dimanfaatkan bagi pengendalian rayap yang menggunakan pendekatan rasional.


Keywords


Rayap, Serangan, Pengendalian, Pra-konstruksi, Pasca-konstruksi

Full Text:

PDF

References


Draft, 2005, Materi Teknis Pedoman Pembangunan Bangunan Gedung (building code) di wilayah Propinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Keputusan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia No 441/KPTS/1998, tentang Persyaratan Teknis Bangunan Gedung.

Keputusan Direktur Jenderal Cipta Karya, No 295/KPTS/1997, tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara.

Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah, No 332/KPTS/M/2002, tentang Pedoman Teknis Pembangunan Bangunan Gedung Negara.

Kumpulan Standar Nasional Indonesia (SNI) tentang Perlindungan Bangunan Terhadap Serangan Organisme Perusak.

Nandika D, 2003, RAYAP biologi dan pengendaliannya.Surakarta. Muhammadiyah University Press

Undang-undang Republik Indonesia No 28 tahun 2002.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v2i1.2549

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats