Kajian Tanah Ekspansif, Jalan Akses Jembatan Suramadu Sisi Madura

Chomaedhi Chomaedhi, Mohammad Khoiri, Machsus Machsus

Abstract


Kajian tanah ekspansif pada ruas jalan akses jembatan Suramadu sisi Madura ini dilakukan guna mengetahui sifat dan karakteristik tanah dasar pada lokasi ruas jalan tersebut. Ruas jalan akses sisi Madura yang dimaksud dalam kajian ini adalah mulai Sta 0+050 s/d Sta 6+000. Pada lokasi tersebut kondisi permukaan tanah bervariasi antara dataran rendah dan perbukitan, sehingga jalan akses tersebut pada daerah dataran rendah dibuat diatas timbunan, sedangkan pada dataran tinggi jalan berada pada daerah galian. Pada penenelitian terdahulu disebutkan jenis tanah pada lokasi tersebut banyak mengandung monmorilinite, sehingga dikhawatirkan berpotensi terjadi kembang susut pada tanah lokasi tersebut. Dan hal tersebut mempunyai konsekuensi terhadap bentuk perkuatan konstruksi jalan akses tersebut. Kajian ini bermaksud meneliti kembali sejauh mana potensi kembang susut pada tanah tersebut, sehingga diharapkan dapat menjadi pertimbangan untuk membuat desain jalan yang lebih hemat. Dari kajian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa unsur monmorilonite yang ada pada tanah tersebut telah terkomposit dengan material lain (tersementasi) dan menjadi bersifat material lain, sehingga sifat kembang- susutnya relatif kecil. Dan sifat kembang susut yang relatif kecil tersebut telah juga terbukti di laboratorium dengan tes swelling.


Keywords


Kajian Tanah, Tanah Ekspansif, Jembatan Suramadu

Full Text:

PDF

References


Puslitbang Prasarana Jalan (2004), “Kajian tanah ekpansif pada jalan akses sisi Madura”.

Laboratorium Uji Material Prodi D-3 Teknik Sipil FTSP-ITS (2005), “Laporan Penyelidikan Tanah Jalan Akses Jembatan Suramadu Sisi Madura”.

Mochtar I.B, et. all (2005), “Kajian Tanah Jalan Akses Jembatan Suramadu Sisi Madura, Studi Kasus : KM 0+050s/d KM 6+000“.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v3i1.2563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats