Penambahan Gilsonite Resin Pada Aspal Prima 55 untuk Meningkatkan Kualitas Perkerasan Hot Mix

Rahmad Basuki, Machsus Machsus

Abstract


Pertamina bekerjasama dengan Perusahaan Swasta mulai memasarkan aspal jenis multigrade dengan merek dagang Aspal Prima 69/70, Prima 51 dan Prima 55 pada tahun 2004. Aspal Prima ini sekarang masih dalam taraf uji laboratorium dan uji lapangan. Berdasarkan hasil pengujian awal Sutarno (2004), ternyata aspal Prima 55 mempunyai titik lembek yang lebih rendah dari spesifikasi teknis yang ditetapkan. Dari latar belakang tersebut, timbulah ide untuk meneliti bagaimana jika Aspal Prima 55 yang sudah diproduksi oleh Pertamina tersebut ditingkatkan kualitasnya dengan modifier Gilsonite Resin sebagaimana penelitian sebelumnya untuk membuat perkerasan Hot Mix memenuhi spesifikasi dan lebih awet. Permasalahan yang ada adalah berapa prosentase kadar Gilsonite Resin yang harus ditambahkan pada campuran tersebut. Hasil pengujian kualitas Aspal Prima 55 menunjukkan bahwa sifat-sifat fisik aspal : penetrasi, titik nyala dan titik lembek tidak memenuhi spesifikasi aspal multigrade, kecuali berat jenis dan daktilitas. Penambahan Gilsonite Resin dalam penelitian ini menjadikan kualitas Aspal Prima 55 dapat memenuhi spesifikasi aspal multigrade, sehingga kualitas perkerasan Hot Mix jenis HRS B, AC dan ATB yang menggunakan aspal prima 55 dapat ditingkatkan.


Keywords


Aspal Prima 55, Gilsonite Resin, Hot Mix

Full Text:

PDF

References


Bima Kimia Citra, P.T (1994), Upaya Peningkatan Mutu Stabilitas Perkerasan Jalan Dengan Penggunaan Bahan Pengaya Gilsonite Resin, (unpublished).

Bina Marga (2003), Teknologi Campuran Perkerasan Jalan Untuk Lalu-lintas Berat dan Padat, Jakarta

Jurnal APLIKASI

ISSN.1907-753X Volume 3, Nomor 1, Agustus 2007

Brown, Stephen Professor (1990), The Shell Bitumen Handbook, Shell Bitumen U.K.

Direktorat Jenderal Bina Marga, Direktorat Bina Program Jalan, Second Nine Provinces Road, Rehabilitation Project, Buku 3, Spesifikasi Umum.

Puslitbang Jalan, Dept. PU (1993),Penelitian Bahan Gilsonite untuk Campuran Jenis HRS, (unpublished).

Basuki Rachmad (1997), Pengaruh Penambahan Gilsonite Resin Terhadap Kadar Aspal Optimum Pada Asphalt Concrete, Puslit-ITS.

Romagsa, Henry (1987), Gilsonite-An Asphalt Modifier for High Stability Pavement, proc.of Konferensi Tahunan Teknik Jalan III, Bandung.

Sukirman, Silvia (1992), Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova, Bandung.

Sutarno (2004), Pengaruh Air Laut terhadap Aspal Concrete yang Menggunakan Campuran Aspal prima 55, Tesis, MMT- ITS, Surabaya




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v3i1.2564

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats