Penambahan Abu Ampas Tebu (AAT) dan Limbah Boma Bisma Indra (BBI) untuk Pembuatan Paving Block

FX Didik Harijanto, Endang Kasiati, Boedi Wibowo, Sulchan Arifin

Abstract


Pada proses pembuatan besi cor PT Boma Bisma Indra (BBI) ada limbah buangan yang tidak terpakai, berupa pasir silika. Pasir silika ini sebagai bahan tambahan agregat halus dalam campuran paving block yang mempunyai keunggulan yaitu porositasnya kecil, kepadatan, kekerasan, kekedapannya tinggi, dan banyak mengandung senyawa SiO2 yang bersifat sebagai silika reaktif. Pada penelitian ini pembuatan paving block dilakukan dengan cara menambah sebagian pasir dengan limbah BBI yaitu dengan variasi; 0%, 5%, 10%, 15%, dan 20% dari berat pasir ke masing-masing campuran 1 PC : 1 Pasir : 2 Stenslag : 2 Abu Batu dengan bahan tambahan AAT 10% yang diambil dari berat semen. Stenslag yang digunakan mempunyai ukuran 5 mm. Pembuatan paving block dengan ukuran P = 21 cm, L = 10,5 cm, dan T = 6 cm. Uji kuat tekan dilakukan pada umur 7, 14, 21 dan 28 hari dan resapan pada umur 28 hari. Dari hasil pengujian  didapatkan hasil tertinggi pada variasi penambahan limbah 10% dan AAT 10% dengan kuat tekan  sebesar 589,51 kg/cm2yang telah memenuhi standar kuat tekan SNI 03-0691-1996, yakni mutu A dan resapan yang optimum pada variasi penambahan limbah 20% dan AAT 10% sebesar 3,12%, telah memenuhi standar resapan, yakni mutu B.

Keywords


Paving block, Limbah BBI, Kuat tekan, Resapan, AAT.

Full Text:

PDF

References


ASTM. 2003. Anual Book of ASTM Standards, Concrete and Aggregates, Philadelphia: ASTM 2003.

Astana D. Yulius. 2000. Pengaruh Kombinasi Copperslag dan Pasir Lumajang dalam Campuran Beton yang Mengandung Fly Ash terhadap Kuat Tekan dan Berat Volume, Surabaya: Teknik Sipil Universitas Pembangunan Nasional.

Didit T. Rangga. 2005. Pengaruh Penambahan Abu Ampas Tebu pada Campuran Beton terhadap Modulus Elastisitas Beton dengan Variasi Faktor Air Semen, Surabaya: Teknik Sipil Universitas Pembangunan Nasional.

Fauzi Aminul and F. Aditya. 2006. Evaluasi Komposisi Campuran Paving Block dengan Variasi Campuran Pasir, Abu Batu, Stenslag dan Fly Ash dari Limbah PLTU Paiton, Surabaya: ITS.

Handriati A., 2008. Pemanfaatan Limbah untuk Bahan Bangunan, Puslitbang Permukiman.

Modul Disemenasi C-1, Pemanfaatan Agregat Halus (Pasir) untuk Kom-ponen Bahan Bangunan, Puslitbang Permukiman.

Nurdiansyah M., 2006. Pengaruh Limbah Industri Peleburan Tembaga (Copperslag) sebagai Cementi-tious Material terhadap Kuat Tekan Mortar dengan Perawatan Uap (Steam Curing), Surabaya: UPN.

SNI 03-0691-1996, Standar Mutu Bata Beton (Paving Block).

Subakti Aman. 1994. Teknologi Beton dalam Praktek, Surabaya: ITS.

Sufiyah. 2005. Efektifitas Kombinasi Cooperslag sebagai Cementitious terhadap Kuat Tekan pada Beton, Surabaya: UPN.

Yudi P., 2005. Pengaruh Kombinasi Cooperslag sebagai Cementitious terhadap Porositas pada Campuran Beton, Surabaya: UPN.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v12i1.2583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats