Inisiasi Perkiraan Arah Pergerakan Alur Sungai

Kuntjoro Kuntjoro, Choirul Anwar, Pudiastuti Pudiastuti, FX Didik Harijanto, Sungkono Sungkono

Abstract


Kondisi alamiah sungai tidak ada yang lurus sempurna, karena setiap sungai selalu dipengaruhi oleh keseimbangan dinamis di dalam sungai. Keseimbangan tersebut adalah antara erosi dan sedimentasi yang terjadi di daerah aliran sungai dan di sepanjang alur sungai. Sedangkan erosi dan sedimentasi sendiri dipengaruhi banyak faktor, yang terpenting adalah debit yang terjadi, jenis tanah dan geometri sungai. Dalam makalah ini hanya dibahas satu segmen sungai yang dengan tinjauan tujuh belas cross section dengan geometri yang telah ditentukan, debit yang terjadi dinyatakan dalam elevasi muka air di sungai ditinjau tiga kondisi yaitu 4.5 meter, 3.0 meter, dan 2.0 meter.

Perkiraan arah pergerakan dan perubahan geometri sungai dibuat untuk menganalisis proses yang kompleks dari peristiwa gerusan dan pengendapan didasar dan ditebing sungai. Besaran sedimen dari erosi tebing dihitung dengan menggunakan metode Meyer-Piter-Muler (MPM). Sedangkan sedimen dari keruntuhan tebing dihitung dengan persamaan.

Degradasi terbesar pada tebing dengan sudut lereng terbesar dan berada pada cross section bagian luar. Agradasi terbesar tidak selalu pada tebing dengan sudut lereng terkecil dan berada pada pada cross section bagian dalam. Tetapi biasa juga terjadi kondisi bolak-balik yaitu terjadi degradasi pada kedalaman air h = 4.5 meter dan agradasi pada kedalaman air 3.0 atau 2.0 meter. 


Keywords


arah pergerakan alur, meander, sungai.

Full Text:

PDF

References


Abad, J. and Garcia, M. H., (2006). RVR Meander: A Toolbox for Re-meandering of Channelized Streams. Computers & Geosciences, 32, 92-101.

Briaud J. L., Ting, F., Chen, H. C., Cao, Y., Han, S. W., and Kwak, K. W., (2001c). Erosion Function Appa-ratus for Scour Rate Predictions. Journal of Geotechnicaland Geo environmental Engineering, 127(2), 105-113.

Harrell, C., B.K. Ghosh and R.O. Bowden, Jr., (2003). Simulation Using Promodel, 2nd ed., Mc-Graw-Hill. Singapore.

Hooke, J. M., (1980). Magnitude and Distribution of Rates of River Bank Erosion. Earth Surface Processes, 5(2), 143-157.

Hudson, P. F., and Kesel, R. H., (2000). Channel Migration and Meander-bend Curvature in the Lower Mississippi River Prior to Major Human Modification, Geology, 28(6), 531-534.

H.J. Overbeek. (1978). Revier Enginee-ring and Flood Protection, Bangkok: Asian Institut of Technology.

Hsieh Wen Shen, River Mechanics Volume I, H. W Shen Book Company, Colorado.

Park Namgyu. (2007). A Prediction of Meander Migration Based on Large Scale flume Tests In clay. Ph.D. Dissertation. Texas A&M University.

P.Ph. Jansen, L. Van Bendegom, J Van Den Berg, M De Vries, A Zanen. (1979). Principles of River Engineering The nontidal alluvial river, London: Pitman Publishing Limited.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v11i2.2591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats