Perkuatan Struktur Pilar Jembatan Akibat Mutu Beton yang Tidak Memenuhi Syarat

Muhammad Sigit Darmawan

Abstract


Perkuatan struktur sering tidak dapat dihindari bila ada kondisi yang direncanakan tidak dapat dipenuhi. Salah satu masalah yang sering terjadi pada struktur beton bertulang adalah mutu beton yang direncanakan tidak memenuhi spesifikasi yang ditetapkan. Berdasarkan ketentuan yang ada struktur beton yang tidak memenuhi syarat dapat dibongkar atau diperkuat. Perkuatan sering menjadi pilihan karena menghemat biaya dan waktu pelaksanaan. Perkuatan yang dibahas pada tulisan ini adalah perkuatan pilar jembatan dengan meng­kombinasikan antara penambahan dimensi pilar dan penambahan tulangan utama. Metoda ini dipilih karena dapat menaikkan baik kekuatan lentur maupun normal dari pilar jembatan. Dari hasil analisa didapatkan angka keamanan struktur perkuatan dapat dinaikkan hingga 30% melebihi angka keamanan sesuai disain awal. Untuk menjamin agar tulangan dapat bekerja dengan baik perlu dilakukan pengangkeran tulangan tambahan pada ujung bawah pilar serta pemasangan penghubung geser agar beton lama dan baru dapat bekerja sesuai anggapan dalam perhitungan.


Keywords


perkuatan struktur, tulangan, penebalan, angka keamanan

Full Text:

PDF

References


Egor P. Popov. (1990). Engineering Mechanics of Solid, Prentice Hall International Series in Civil Engineering and Engineering Mechanics.

PCA Column Manual, Portland Cemen Association, USA, 2004.

Stewart, M. G. dan Val D. V., (2003). “Multiple Limit States and Expected Failure Costs for Deteriorating Reinforced Concrete Bridges”, Journal of Bridge Engineering, ASCE, Vol. 8, No. 6, pp. 405-415.

Tata Cara Perencanaan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung SNI-2847, BSN, 2013.

Tavio, Kusuma, B. dan Suprobo P. (2012). ” Experimental Behavior of Concrete Columns Confined by Welded Wire Fabric as Trans-verse Reinforcement under Axial Compression”, ACI Structural Journal, Vol. 109, No. 3, pp. 339-348.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v11i2.2595

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats