Studi Bangkitan Perjalanan pada Pusat Perbelanjaan Jenis Minimarket yang Dilengkapi dengan Restoran

Frans JSS Sihombing, Nahry Nahry, R Jachrizal Sumabrata

Abstract


Perubahan gaya hidup manusia di kota-kota besar, termasuk Jakarta, saat ini menunjukkan adanya fenomena baru dimana tempat untuk melakukan pertemuan informal berpindah dari tempat kerja, café atau restoran ke mini-market yang dilengkapi dengan restoran (minimarket resto). Hal ini mengakibatkan tumbuh dengan pesatnya minimarket jenis ini di berbagai lokasi, termasuk di jalan-jalan utama di pusat kota. Di beberapa wilayah minimarket ini telah memberikan dampak negatif terhadap arus lalu lintas di sekitarnya. Studi ini dimaksudkan untuk menganalisa perjalanan yang dibangkitkan oleh minimarket jenis ini yang berlokasi di pusat bisnis di kota Jakarta. Perjalanan dikelompokkan atas perjalanan orang, perjalanan motor dan perjalanan mobil. Data perjalanan diperoleh melalui perekaman selama 12 jam menggunakan CCTV di 7 minimarket yang menjadi studi kasus. Selain itu juga dilakukan penyebaran kuesioner terhadap pengunjung minimarket yang ada di lokasi, dan juga penyebaran kuesioner melalui internet. Kuesioner dimaksudkan untuk mengkonfirmasi variabel-variabel yang mempengaruhi bangkitan perjalanan mini market ini. Selanjutnya data dianalisa menggunakan metode regresi linear berganda. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa tarikan perjalanan orang dipengaruhi oleh luas ruang parkir dan jumlah mesin ATM, sementara bangkitan perjalanan motor dipengaruhi oleh jumlah kursi di dalam minimarket dan jumlah jenis produk yang ditawarkan. Selanjutnya, bangkitan perjalanan mobil dipengaruhi oleh luas ruang parkir.


Keywords


tarikan perjalanan, minimarket resto, dan bangkitan perjalanan.

Full Text:

PDF

References


Gujarati, D., 2004. Basic Econometric. Mc-Grawhill, New York.

Khisty, C. Jotin. 1990. Transportation Engineering: An Introduction. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Menteri Perdagangan Republik Indonesia. Peraturan Nomor 68/ MDAG/PER/10/2012 tentang Waralaba untuk Jenis Usaha Toko Modern. Jakarta.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2011 tentang Manajemen dan Rekayasa, Analisis Dampak, serta Manajemen Kebutuhan Lalu Lintas. Jakarta.

Rietveld, Piet dan Lasmono Tri Sunaryanto. 1994. 87 Masalah Pokok Dalam Regresi Berganda, Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Tamin, Ofyar Z., 2000. Perancangan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: Institut Teknologi Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v11i1.2598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Departemen Teknik Infrasturktur Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats