Kajian Rumah Sehat di Kampung Kumuh Kelurahan Morokrembangan Surabaya

Kusumastuti Kusumastuti, Widjonarko Roestam, Endang Sri Sukaptini, Srie Subekti

Abstract


Kampung Morokrembangan merupakan salah satu permukiman yang kondisi lingkungannya kurang memenuhi syarat kesehatan. Sanitasi rumah-rumah di kampung Morokrembangan tidak memenuhi standar. Buruknya kondisi lingkungan permukimannya mengakibatkan sejumlah warga terkena penyakit tuberkulosis (TB). Hal ini diakibatkan oleh kondisi rumah tak sehat dan kumuh, rata-rata luas bangunan 24 m2 dihuni delapan orang dan tidak dilengkapi dengan lubang asap dapur, ventilasi udara, cahaya, dan jendela, karena idealnya luas ventilasi terdiri atas 10 % - 20 % dari luas lantai bangunan. Adanya ventilasi ini membantu udara keluar masuk dengan baik. Udara segar masuk ke dalam ruang menggantikan udara kotor di dalam ruangan.  Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kondisi rumah ditinjau dari kepadatan penghuni dalam satu rumah, ventilasi, pencahayaan, kelembaban, sarana air bersih, mempunyai SPAL (sarana pembuangan air limbah), dan tempat sampah. Data primer diperoleh dengan wawancara, kuisioner, dan pengamatan kondisi fisik rumah di kampung Morokrembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 26,44% rumah tak sehat, yaitu terdapat 86.700 rumah tak memenuhi persyaratan rumah sehat dari 327.915 rumah yang disurvei.


Keywords


kepadatan penghuni, ventilasi, air bersih, dan SPAL.

Full Text:

PDF

References


Agenda 21 dan Konsep Sustainable Development dalam Pembangunan Permukiman.

Dinas Kesehatan Kota Surabaya. 2012. Syarat Rumah Sehat.

Silas, Johan. 1993. Housing Beyond Home. Case study of Surabaya-ITS.

Silas, Johan. 1996. Kampung Surabaya menuju Metropolitan. Surabaya: Yayasan Keluarga Bhakti.

Turner, John F.C., 1976. Housing By People, Tavards Autonomy in Building Environments. Morion Boyars Publisher Ltd., London: Great Britain.

Yudohusodo, Siswono. 1991. Rumah untuk seluruh Rakyat. INKOPPOL. unit Bharakerta Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v11i1.2599

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats