Analisis Kapasitas Parkir dan Antrian dengan adanya Sistem Portal Otomatis di Pusat Perbelanjaan (Studi Kasus Gedung Pusat Grosir Solo)

Amalia Firdaus Mawardi, Wahyu Herijanto, Hafida Maharani

Abstract


Kota Surakarta mempunyai lebih dari satu Pusat perbelanjaan, salah satunya adalah Pusat Grosir Solo (PGS), yang berada di pusat Kota Solo. Gedung Pusat Perbelanjaan ini berhadapan langsung dengan jalan arteri sekunder, sehingga diperlukan suatu sistem parkir yang dapat meningkatkan seluruh pelayanan tanpa mengganggu lalu lintas di sekitar gedung. Permasalahan antrian di pintu masuk dan juga keluar gedung berikut sistem kinerja parkir, terutama pada saat hari libur terjadi peningkatan kendaraan menjadi pembahasan utama dalam penelitian ini. Pengamatan dilakukan untuk mengetahui kinerja sistem antrian dan karakteristik parkirnya. Hasil analisis secara manual serta pemograman terhadap karakteristik parkir dan kinerja sistem antrian adalah sebagai berikut: Durasi maksimum adalah 1 jam 37 menit, Volume parkir khusus kendaraan roda empat sebesar 840 kendaraan. Akumulasi maksimum terjadi antara pukul 12.00 sampai dengan 12.30 sebanyak 216 kendaraan. Turn over parking  adalah 4 kali dalam sehari. Kebutuhan Ruang Parkir (KRP) saat ini adalah 224 ruang, sedangkan batas maksimal kendaraan yang dapat ditampung adalah 866 kendaraan. Evaluasi berikutnya adalah kinerja antrian menunjukkan bahwa terjadi antrian panjang pada pintu keluar sehingga perlu dibuat 2 server, sebaliknya pada pintu masuk, server 1 masih mampu menampung kendaraan tanpa pintu masuk 2, sehingga  cukup 1 pintu masuk saja. 


Keywords


karakteristik parkir dan antrian, kinerja server, evaluasi sistem antrian.

Full Text:

PDF

References


Anaviroh. 2011. Model Antrian Satu Server Dengan Pola Kedatangan Berkelompok (Batch Arrival).

Anonim. 2005. Pengantar Teori Antrian dan Simulasi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Departemen Perhubungan. 1996. Pedoman Perencanaan dan Pengoperasian Fasilitas Parkir, Jakarta.

Hafida. 2012. Analisis antrian dan kapasitas parkir portal otomatis di Gedung Pusat Grosir Solo, Tugas Akhir Jurusan Diploma 4 Teknik Sipil ITS.

Machsus, Ami Asparini dan Mukafi. 2010. Studi Evaluasi Kebutuhan Ruang Parkir pada Pusat Perbelanjaan Royal Plaza di Kota Surabaya, Seminar Nasional ATPW Diploma Teknik Sipil.

Shalter, R. J. And Hounsell, N. B. 1996. Highway Traffic analysis and Design. Third Edition. Macmillan.

Tamin OZ. 2008. Perencanaan, Pemodelan & Rekayasa Transportasi, Teori, Contoh Soal dan Aplikasi, Penerbit ITB

Wikrama, A. A. J. 2010. Analisis Karakteristik dan Kebutuhan Parkir di Pasar Kreneng, Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Universitas Udayana, Denpasar, vol. 14 (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v10i1.2684

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats