Beton Ringan dari Campuran Styrofoam dan Serbuk Gergaji dengan Semen Portland 250, 300 dan 350 kg/m3

R Buyung Anugraha, Sarithal Mustaza

Abstract


Salah satu bahan bangunan yang mengalami perkembangan sangat pesat hingga saat ini adalah beton. Beberapa keunggulan beton antara lain harganya relatif murah, mempunyai kekuatan tekan tinggi, tahan terhadap karat, mudah diangkut dan dicetak, dan relatif tahan terhadap kebakaran. Namun, beton memiliki salah satu kelemahan yaitu berat jenis yang sangat tinggi sehingga beban mati pada suatu struktur menjadi sangat besar. Ada beberapa cara yang dapat dipakai untuk membuat beton menjadi ringan antara lain penggunaan agregat ringan, beton dibuat berongga dan beton dibuat tanpa pasir. Penjabaran dari permasalahan tersebut diatas, maka dibuat suatu penelitian beton ringan dari campuran styrofoam dan serbuk gergaji, dimana limbah kayu tersebut belum dimanfaatkan secara optimal. Pada penelitian ini dibuat suatu campuran beton ringan dari bahan styrofoam dan bahan serbuk gergaji dengan menggunakan kandungan semen portland sebanyak 250, 300 dan 350 kg tiap m3 beton. Adapun variasi perbandingan volume styrofoam dan serbuk gergaji adalah sebesar 0%, 20%, 40%, 60%, 80% dan 100% dengan kondisi perlakuan terhadap benda uji selama 28 hari direndam dan tidak direndam. Benda uji dibuat silinder beton dengan ukuran diameter 150 mm dan tinggi 300 mm. Penelitian ini untuk mengetahui berat/m3, kuat tekan dan modulus elastisitas dari beton ringan yang dihasilkan. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa peningkatan penggunaan serbuk gergaji menyebabkan berat beton menjadi lebih berat, kuat tekan dan nilai modulus elastisitas meningkat. Sebaliknya, peningkatan penggunaan styrofoam menyebabkan berat beton menjadi lebih ringan, kuat tekan dan nilai modulus elastisitas menurun. Berat tertinggi beton ringan ini pada umur 28 hari kondisi tidak direndam adalah 875 kg/m3 (0% styrofoam 100% serbuk gergaji), sedangkan yang terendah adalah 322 kg/m3(100% styrofoam 0% serbuk gergaji). Benda uji kondisi tidak direndam mempunyai nilai kuat tekan dan nilai modulus elastisitas yang lebih baik dari pada benda uji dengan kondisi direndam.


Keywords


beton ringan, styrofoam dan serbuk gergaji.

Full Text:

PDF

References


Satyarno, I., 2004, Seminar Nasional Inovasi Teknologi Bahan Bangunan untuk Meningkatkan PAD dan Beberapa Kemajuan untuk Menyelesaikan Permasalahan Bidang Teknik Sipil, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Departemen Pekerjaan Umum, 2002, Tata Cara Perencanaan Struktur Beton untuk Bangunan Gedung, SNI 03-2847-2002, Pusat Penelitian dan Pengembangan Pemukiman, Badan Penelitian dan Pengembangan, Dept. PU, Bandung.

Departemen Pekerjaan Umum, 1994, Spesifikasi Bahan Bangunan Bagian A (Bahan Bangunan Bukan Logam), SNI 03-3449-1994, DPU Yayasan LPMB, Bandung.

Dobrowolski, A.J., 1998, Concrete Construction Hand Book, The Mc. Graw Hill Companies, Inc., New York.

Neville, A.M. and Brooks, J.J., 1987, Concrete Technology, John Willey & Sons, New York.

Raju, K.N., 1983, Design of Concrete Mixes, CBS Publishers & Distributors, 485, Jain Bhawan, Bhola Nath Nagar Shandra, Delhi-110032 (India).

Tjokrodimuljo, K., 1996, Teknologi Beton, Nafiri, Yoyakarta.

Sambodo, A.I., 2003, Penggunaan Styrofoam untuk Beton Ringan Dengan Kandungan Semen 350 kg/m3, Tugas Akhir Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta

Wijaya, S.N., 2005, Efek Perendaman Beton Styrofoam Ringan dengan Semen Portland Abu-Abu 250 kg/m3 , Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Sabbihiyah, 2005, Efek Perendaman Beton Styrofoam Ringan Dengan Semen Portland Tipe I 300 kg/m3 , Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Fatkhurohman., 2005, Efek Perendaman Beton Styrofoam Ringan Dengan Semen Portland Abu-Abu 350 kg/m3 , Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Tjokrodimuljo, K., 2004, Teknologi Beton, Buku Ajar, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Crawford, R.J., 1998, Plastic Engineering, Third Edition, John Willey & Sons, New York.

Ismeddiyanto, 1998, Penelitian Pemanfaatan Serbuk Gergaji Kayu Jati (Tectona Gandis L. F.) Untuk Bata Beton, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Wang, C.K. dan Salmon C.G., 1986, Perencanaan Beton Bertulang, Edisi keempat, Penerbit Erlangga, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v8i2.2722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Departemen Teknik Infrasturktur Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jats