Study Up Rating Instalasi Penjernih Air dan Catu Daya Air Bersih Kota Pacitan

Edy Sumirman

Abstract


Pembangunan Sarana Fisik Penyediaan Air Bersih pada dasarnya merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memenuhi kebutuhan pokok masyarakat akan ketersediaan air bersih yang memenuhi persyaratan kesehatan, baik ditinjau dari aspek kualitas maupun kuantitas secara berkesinambungan. Untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas air bersih salah satu usaha yang akan dilaksanakan adalah Uprating Instalasi Penjernih Air dan Catu Daya Air Bersih Kota Pacitan yang memenuhi syarat serta berkualitas diperlukan perencanaan. Dalam rangka untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara luas, tentunya dibutuhkan sarana dan prasarana yang sesuai dengan tingkatan hirarkinya (lokal atau regional). Salah satu prasarana yang dibutuhkan masyarakat, khususnya dibidang sanitasi adalah ketersediaan air bersih yang mencukupi dan layak konsumsi. Dengan adanya kecenderungan peningkatan tuntutan kualitas pelayanan air bersih yang ideal dan layak konsumsi sesuai dengan perkembangan pembangunan dan kebutuhan serta tuntutan kehidupan masyarakat terhadap pelayanan air bersih merupakan hal utama yang perlu dikaji dan direncanakan sesuai dengan keinginan masyarakat pengguna air bersih yang tertib, ideal dan layak konsumsi.


Keywords


Up Rating Instalasi Air Bersih,Catu Daya Air

Full Text:

PDF

References


, “Basin Water Resources Management Plan (BWRMP) WS Grindulu”, Tim Perencana SDA Kabupaten Pacitan & Good Governance in Water Resources Management (GGWRM), Pacitan.

, “Pola Pengelolaan Sumber Daya Air WS Grindulu Kabupaten Pacitan”, Tim Perencana SDA Kabupaten Pacitan & Good Governance in Water Resources Management 2005, “Progres River Infastructure Management Grindulu River”, Satuan Tugas Pengelolaan Sumber Daya Air Koordinator Pemeliharaan Prasarana, Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, Pacitan (GGWRM), Pacitan.

, “Totorials to Watershed Modeling System”, Environmental Modelling Research Laboratory, Brigham Young University.

, “User’s Manual to DUFLOW ver. 2.04”, International Institute for Infrastructural, Hydraulic and Environmental Engineering, IHE Delft, The Netherlands.

, “Feasibility Study Rencana Pengendalian Banjir Kali Grindulu”, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Fakultas Teknik Sipil, Surabaya.

, “Hidrologi Untuk Pengairan”, Sosrodarsono, Suyono dan Kensaku Takeda Erlangga, Bandung

, “Master Plan Kali Grindulu”, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Fakultas Teknik Sipil, Surabaya.

, “Studi Kali Grindulu Kabupetan Pacitan”, Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v8i2.2727

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats