Perkembangan Permukiman dan Wilayah di Koridor Gempol – Pasuruan ( Studi kasus : Desa Kraton, Tambakrejo dan Semare, Pasuruan )

Kusumastuti Kusumastuti

Abstract


Studi dilakukan di kota Pasuruan desa Kraton, Tambakrejo, dan Semare, sebagai daerah pertanian dan kelautan. Kehidupan penduduknya berciri pedesaan yang didominasi oleh masyarakat berpenghasilan rendah, sehingga penyediaan prasarana dan sarana permukimannya masih kurang memadai. Tujuan studi adalah untuk mengetahui konsep dan strategi perkembangan perumahan dan permukiman serta sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi. Penelitian diuji dengan menggunakan analisis swot dan perencanaan strategis, untuk mengetahui perkembangan perumahan dan permukimannya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aspek kemitraan menjadi sangat penting sebagai interaksi dan komunikasi yang baik dengan pihak-pihak terkait dalam mensukseskan pembangunan perumahan dan permukiman, potensi keberadaan Home Based Enterprises (HBEs) pada desa Kraton, Tambakrejo, dan Semare, secara luas dapat menjadi motor penggerak pertumbuhan dan perkembangan wilayah permukimannya.


Keywords


Perkembangan permukiman dan wilayah

Full Text:

PDF

References


Santosa, Happy Ratna (2000), Pembangunan Dan Lingkungan Dalam Pengembangan Wilayah, Pidato Pengukuhan Guru Besar, Surabaya, ITS.

Budiharjo, Eko, Sudjarto Djoko (1999), Kota Berkelanjutan, Bandung.

Poerbo, Hasan (1999), Lingkungan Binaan untuk Rakyat, Edisi Pertama, Penerbit Yayasan Akatiga, Bandung.

Kartono, Kartini (1996), Pengantar Metodologi Riset Sosial, Penerbit Mandar Maju.

[Departemen Pekerjaan Umum (1987), Petunjuk Perencanaan Kawasan Kota, Penerbit Yayasan Badan Penerbit PU, Jakarta.

Silas, Johan (2000), Bantuan Teknis untuk Pemberdayaan Masyarakat di Perkotaan, Kantor Menteri Permukiman dan Pengembangan Wilayah bekerjasama dengan ITS,Surabaya.

Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah Direktorat Jenderal Perumahan dan Permukiman (2002), Kebijaksanaan dan Strategi Nasional Perumahan dan Permukiman (KSNPP), Yayasan Badan Penerbit Kimpraswil, Jakarta.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan (2008), Kecamatan Kraton Dalam Angka 2008, Badan Pusat Statistik dan Bapeda Kabupaten Pasuruan.

Pemerintah Kabupaten Pasuruan (2007), Kabupaten Pasuruan Dalam Angka 2007, Badan Pusat Statistik dan Bapeda Kabupaten Pasuruan

Pemerintah Kota Pasuruan (2008), Kota Pasuruan Dalam Angka 2008, Badan Pusat Statistik dan Bapeda Kota Pasuruan.

Rangkuti, Freddy (1999), Analisis Swot Teknik Membedah Kasus Bisnis, Penerbit PT.Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v8i1.2730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats