Pengaruh Chemcrete Modifier Terhadap Nilai Stabilitas dan Flow pada Campuran Hot Rooled Sheet

Ami Asparini

Abstract


Kondisi Jalan Pantura Jalur Gersik- Lamongan dengan pelapisan permukaan memakai HRS (Hot Rolled Sheet) mengalami percepatan kerusakan pada permukaan perkerasan yang ada. Hal ini akibat adanya volume lalulintas yang cukup padat dan beban kendaraan yang berat (berlebihan). Sedangkan kerusakan yang terjadi umumnya berupa: Rutting/ alur akibat beban ekstra berat, Corrugation/ keriting akibat gaya rem, teroksidasi sinar matahari, bleeding akibat panas matahari, serta shoving akibat gaya centrifugal yang ada. Adanya permasalahan diatas memotivasi penulis untuk dilakukannya penelitian HRS dengan Chemcrete Modifier sebagai bahan tambahan aspal, sejauh mana perilakunya terhadap stabilitas dan flow , selanjutnya diharapkan dapat mengatasi masalah yang ada. Metode penelitian yang dilakukan dengan mengacu rujukan AASHTO, ASTM, dan BS 812, yaitu dengan menganalisa fisik material HRS dilaboratorium (Berat jenis dan Penyerapan, Keausan, Soundness test, Analisa pembagian butir gradasi, Kadar organik agregat halus, Kelekatan agregat terhadap aspal. Selain itu juga dilakukan test Aspal (penetrasi, titik lembek, titik bakar, daktilitas). Selanjutnya perencanaan komposisi agregat campuran HRS, dengan variasi kadar aspal 5,5 % sampai dengan 7,5 %, dilakukan Test Marshall I dicapai kadar aspal optimum. Berdasarkan kadar aspal optimum dilakukan Test Marshall II untuk HRS dan HRS + chemcrete dengan variasi umur 1 hari, 14 hari, 28 hari,  2 bulan untuk dievaluasi perilakunya. Dari hasil penelitian laboratorium didapat HRS kelas B (beban lalu lintas sedang s/d berat) dengan 2 x 75 pukulan menghasilkan stabilitas dan flow lebih tinggi dari standart (test marshall I ) dengan kadar aspal optimum 6,9 % dan variasi umur 1 hari, 14 hari, 28 hari dan 2 bulan pada Test Marshall II didapat campuran HRS + Chemcrete nilai stabilitas meningkat dan flow dalam batas toleransi, secara teknis memenuhi syarat. Jadi Chemcrete bisa dipertanggungjawabkan dimana kekokohan aspalnya juga meningkat, sehingga dapat memperpanjang umur pelayanan perkerasan yang ada.


Keywords


Hot Rolled Sheet (HRS), Chemcrete Modifier

Full Text:

PDF

References


Petrochemindo Purnama PT, Road Engineering Division, “ Chemcrete Modifier High-Strength Modified Asphalt Technology and Products”

Direktorat Bina Marga, 1983 “Petunjuk Pelaksanaan Lapis Tipis Aspal Beton Flexibel (LASTON)”, Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta No:13/PT/B/1983.

Direktorat Bina Marga, 1983, “ Petunjuk Pelaksanaan Lapis Aspal Beton Fleksibel (LATASTON)”, Badan Penerbit Pekerjaan Umum, Jakarta No: 12/PT/B/1983.

Darmanto, Surisman, Ami Asparini, 1989 “ Studi Perbandingan HRS dan HRS memakai Chemcrete ditinjau dari nilai Stabilitas dan Flow sebagai Lapis Permukaan Jalan Gresik – Lamongan Km Sby 16+350 – 17+350”, Tugas Akhir LPPU FTSP ITS.

Direktorat Bina Marga, 1976 “ Manual Pemeriksaan Bahan Jalan” Badan Penerbit Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.

Colin P. Corne, Specification for High – Durability Asphalts, Maret 1985. Central Design Office Jakarta, Badan Penerbit Pekerjaan Umum.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v8i1.2731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats