Tinjauan Teknis dan Ekonomi Penggunaan Aspal Beton dan Hot Rolled Sheet Sebagai Bahan Pelapisan Ulang Permukaan Jalan ( Kasus Ruas Widang – Gresik Sta 7+150 s/d Sta 10+200 )

Djoko Sulistiono, Amalia Firdaus Mawardi, Yuyun Tajunnisa

Abstract


Salah satu kegiatan peningkatan jalan adalah pelapisan ulang permukaan jalan ( overlay ). Sebagai bahan overlay dapat digunakan aspal beton ( AC ) atau Hot Rolled Sheet ( HRS ). Direktorat Jenderal Bina Marga dengan keterbatasan anggaran selalu mencari yang terbaik dari sisi teknis dan ekonomi diantara AC dan HRS. Permasalahannya, penggunaan AC dan HRS sebagai bahan overlay bagaimana sisi teknis dan ekonomis ? Metode pemeriksaan bahan dan mixed design yang digunakan dalam penelitian ini mengikuti standart Bina Marga. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahan pembentuk AC dan HRS telah memenuhi syarat, kemudian setelah dilakukan mix design, proporsi aspal untuk HRS = 7,8 % lebih besar dari aspal untuk AC = 6,1 %. Proporsi agregat kasar HRS lebih kecil dari AC, tetapi proporsi agregat halusnya lebih lebih besar. Tinjauan dari segi teknis, HRS lebih tahan terhadap kelelehan, pengaruh cuaca, lebih fleksibel dan lebih mudah dikerjakan daripada AC, tetapi dari segi ketahanan terhadap deformasi permanen kurang baik dibanding AC, karena stabilitas HRS lebih rendah. Tinjauan dari segi ekonomis, ternyata biaya  HRS lebih murah 14,01 % dibandingkan dengan biaya AC. Hal ini karena penggunaan HRS lebih tipis dari AC, walaupun harga HRS per m3 lebih mahal dari harga AC per m3.


Full Text:

PDF

References


Sulistiono, D, (1992), Studi perbandingan penggunaan aspal beton dan hot rolled sheet sebagai bahan pelapisan ulang permukaan jalan pada ruas Mojokerto – Gedeg Laporan Penelitian PUSLIT ITS.

Darmawan, A dan Widodo, K (2006), Perencanaan Ulang Peningkatan Jalan Lintas Utara Jawa Paket Pembangunan Jalan Widang – Gresik sta 7+150 s/d 10+200”Proyek Akhir Program Diploma Teknik Sipil FTSP ITS.

Direktorat Jenderal Bina Marga (1995), Panduan Analisa Harga Satuan.

Direktorat Jenderal Bina Marga (1983), Pemeriksaan Perkerasan Jalan dengan Alat Benkelmen Beam.

Sukirman, S, (2003), Beton Aspal Campuran Panas Granit, Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v7i1.2740

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats