Indeks Tingkat Pelayanan Jalan Berbasis Model Linier di Ruas Jalan Raya Kertajaya Indah Surabaya

Hendrata Wibisana

Abstract


Pertumbuhan jumlah kendaraan di kota Surabaya seiring dengan pertumbuhan jumlah penduduk, dan sebagai salah satu kota yang memiliki kepadatan penduduk yang cukup tinggi sekitar 3 juta jiwa, maka kepemilikan kendaraan juga cukup besar. Hal ini juga ditunjang dengan pertumbuhan perekonomian yang cukup tinggi. Seiring dengan itu pula ruas jalan yang ada di kota Surabaya membutuhkan peningkatan dan pengawasan yang besar, karena dengan jumlah volume lalu lintas yang tinggi, menuntut kapasitas dan kapabilitas dari ruas jalan yang tersedia, terutama jalan arteri yang rata-rata padat kendaraan. Penelitian ini mengambil ruas jalan KERTAJAYA INDAH di kota Surabaya sebagai sampel, karena ruas jalan ini memiliki volume kendaraan yang cukup tinggi. Penelitian ini dimaksudkan hendak menghitung nilai kapasitas dan indeks pelayanan jalan dengan menggunakan metode regresi linier, dan dari hasil perhitungan yang ada diperoleh nilai kapasitas jalan sebesar = 7270,56 smp/jam dan indeks tingkat pelayanan (a) sebesar = 0,75. Dengan nilai ini maka dapat dikatakan bahwa jalan Kertajaya Indah memiliki tingkat kejenuhan yang cukup tinggi, dimana MKJI mensyaratkan harga derajad kejenuhan maksimum adalah 0,8.


Keywords


: Indeks Tingkat Pelayanan, Kapasitas Jalan, Volume lalu lintas

Full Text:

PDF

References


Bowersoc D.J., Calabro P.J., (1981),Introduction To Transportation, Collier Macmillan, New York.

Wibisana,H, Sholichin,I,(2004), Studi Pendahuluan Pemodelan Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Rungkut Asri Dengan Metode Greenshield, Proceeding Seminar Nasional Perencanaan II Teknik Sipil UPN Veteran Jatim, Surabaya.

Wibisana,H,(2005), Studi Pendahuluan Pemodelan Arus Lalu Lintas di Ruas Jalan Rungkut Asri Dengan Metode Greensberg, Jurnal Rekayasa Perencanaan Vol 2. No.1, FTSP UPN Veteran Jatim, Surabaya.

Wibisana,H, Wulandari,C,(2007), Analisis Tingkat Perjalanan Pada Ruas Jalan Arteri Kecamatan Rungkut Dengan Sistem Informasi Geografis, Proceeding Seminar Nasional Rekayasa Perencanaan IV, Teknik Lingkungan UPN Veteran Jatim, Surabaya.

Oglesby C.H., Hicks R.G.,(1993), Teknik Jalan Raya, Edisi 4 Jilid 1, Erlangga, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v7i1.2741

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats