Analisis Numerik Ragam pada Pelat Utuh dan Retak: Studi Interaksi Dinamis Struktur dengan Udara

Agung Budipriyanto

Abstract


Tulisan ini menyajikan hasil studi numerik dari struktur pelat utuh dan retak untuk identifikasi retak struktur. Interaksi dinamis antara struktur tersebut dengan udara di sekitarnya dimodelkan dengan metode elemen hingga dan parameter dinamis struktur diteliti dengan menggunakan pendekatan analisis ragam. Parameter dinamis yang diteliti dalam studi ini adalah frekwensi alamiah dan bentuk ragam. Perilaku struktur yang berosilasi dengan dan tanpa udara di sekelilingnya dibandingkan. Disamping itu perubahan parameter dinamis struktur dalam kondisi utuh dan retak diteliti. Dari hasil studi ini diperoleh bahwa udara berpengaruh tehadap frekwensi alamiah struktur yang diteliti. Pengaruh udara terhadap bentuk ragam struktur tersebut tidak signifikan. Sedangkan retak pada struktur mempengaruhi frekwensi alamiah dan bentuk ragam struktur yang diteliti dalam studi ini. Bentuk ragam dapat digunakan untuk mengidentifikasi retak dan lokasinya pada struktur tersebut.           


Keywords


Pelat Baja, Deteksi Retak pada Struktur, Interaksi Struktur dengan Udara

Full Text:

PDF

References


ABAQUS User Manual ver. 6.4, 2004. Hibbit, Karlson and Sorrensen, Inc

Gounaris, G.D., dan Papadopoulos, C.A. 1997. Analytical and Experimental Crack Identification of Beam Structures in Air or in Fluid. Computers and Structures, Vol. 65, 633-39.

Lindholm, U.S.Kana, D.D., Chu, W., and Abramson, H. N.,1965. Elastic Vibration Characteristics of Cantilever Plates in Water, Journal of Ship Research, Juni, 11-22.

Maia, N.M.M. dan Silva, J.M.M. 1997. Theoretical and Experimental Modal Analysis. Research Studies Press LTD.

Muthuveerappan, G., Ganesan, N., Veluswami, M.A. 1979. A Note on Vibration of A Cantilever Plate Immersed in Water. Journal of Sound and Vibration, Vol 63(3), 385-391.

Muthuveerappan, G., Ganesan, N., Veluswami, M.A. 1980. Influence of Fluid Added Mass on the Vibration Characteristics of Plates under Various Boundary Conditions. Journal of Sound and Vibration, Vol 69(4), 612-615.

Richardson, M.H., Mannan, M.A., 1991. Determination of Modal Sensitivity Functions for Location of Structural Faults. Proceedings of the 9th International Modal Analysis Conference, Firenze Incontra, Centro Affari, Florence, Itali, 670-676




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v6i1.2750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats