Pola Kemitraan pada Pembangunan Prasarana dan Sarana Dasar Permukiman Kumuh di Kelurahan Kenjeran Surabaya Timur

Kusumastuti Kusumastuti

Abstract


Pembangunan prasarana dan sarana dasar merupakan salah satu beban yang mengiringi pertumbuhan kota-kota besar termasukSurabaya. Wilayah Metroplitan Surabaya mengalami pula permasalahan, baik dalam penyediaan maupun pemanfaatan dan pemeliharaan prasarana /sarana dasar, terutama di lingkungan permukiman kumuh. Hal tersebut telah menjadi perhatian dalam program-program pembangunan perkotaan.

Dalam hal ini kelurahan KenjeranSurabayatelah menerima bantuan program-program pembangunan perkotaan melalui KIP.(Pelita I,II,III), JPS., KIP. Komprehensif Tahun 1998. 2000, 2002, 2003. Akibat dari bantuan program-program tersebut, masyarakat makin mengandalkan pada bantuan yang disediakan atau mau diberi dengan berbagai kemudahan dari pemerintah. Untuk memperbaiki kendala tersebut diatas, maka diperlukan “Pola Kemitraan”, sehingga masyarakat diharapkan dapat lebih terlibat dan bertanggung jawab dalam pembangunan lingkungan permukimannya.

Metoda pembahasan yang digunakan didalam penelitian ini adalah metode “deduksi-teoritik-paradigmatik”, yakni dengan mendeduksi “premis-premis kemitraan” yang tertuang didalam dokumen Habitat II dan membawanya ke dataran teoritik dan paradigmatik. Alasan mengenai pentingnya konsep kemitraan adalah untuk menjembatani gap antara pemerintah dan swasta, dan antara kepentingan komersial dan kepentingan masyarakat.


Keywords


Pola Kemitraan, Prasarana dan Sarana Dasar, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Surabaya 92002), Kota Surabaya Dalam angka, BPS.Kota Surabaya.

Devas, Nick, “Indonesia’s Kampung Improvement Programme An Evaluative Case-Study”. Development Administration Group, Institute of Local Government Studies, University of Birmingham, 1980.

Hartono, Kartini (1996), Pengantar Metodologi Riset Sosial, Penerbit Mandar Maju.

Laquian, Aprodicio A, “Whither Site and Services”. Habitat International Vol.2,No.3/4, pp. 291-301, 1977.

Leeds, A, “Lower Income Settlement Types:Process, Structures, Policies, in UNCHS: The Resdential Circumstanes of The Poor In Developing Countries”, pp. 21-61, New York: Praeger,1981.

Pemerintah Kota Surabaya Dinas Tata Kota, “Laporan Akhir Kegiatan Pelaksanaan KIP Komprehensif Kelurahan Kenjeran Kecamatan Bulak”, Tahun 2003.

Sudaryono, Suryanto, Marsoyo, A, Tjokrosoedarmo, S, Giyarsih, S.M, Riyanto dan Effendi, T.N.(1996), “Prospek Rumah Sangat Sederhana (RSS) Sebagai Strategi Pemecahan Masalah Perumahan Para Miskin Kota Pada PJP II”, Laporan Akhir, Riset




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v5i1.2762

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats