Kajian Bundaran Mulyosari Menjadi Simpang Bersinyal

Rachmad Basuki, Fiany Dara Novelita, Endah Tri Listiari

Abstract


Bundaran Mulyosari menjadi penghubung kawasan permukiman, pendidikan dan pusat perbelanjaan di wilayah Kecamatan Mulyosari dan sekitarnya. Pembangunan pusat-pusat kegiatan baru di kawasan tersebut membawa konsekwensi terhadap meningkatnya volume kendaraan di Bundaran Mulyosari. Pada makalah ini akan disajikan hasil evaluasi terhadap kinerja Bndaran Mulyosari. Data yang digunakan meliputi data geometrik, arus lalu-lintas, kondisi lingkungan, peta lokasi, jumlah penduduk, dan pertumbuhan kendaraan bermotor. Selanjutnya dianalisis sesuai dengan metode yang ada pada MKJI 1997 dengan bantuan program KAJI untuk menghitung volume pada kondisi eksisting. Hasil yang didapatkan pada tahun 2017 didapatkan DS > 0,75 pada salah satu bagian jalinan bundaran, sehingga dilakukan perubahan kinerja menjadi simpang bersinyal. Dengan perbaikan menjadi 3 fase, didapatkan DS > 0,75 pada semua pendekat dan Level of Service (LOS) simpang adalah C. Sedangkan pada proyeksi tahun 2019-2021 didapatkan LOS D, lalu pada tahun 2022 didapatkan LOS E.


Keywords


Bundaran Mulyosari, MKJI 1997, Simpang Bersinyal.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, Alik Ansyori. 2005. Rekayasa Lalu Lintas. UMM Press.

Departement Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia: PT. Bina Karya (PER-SERO)

Departement Pekerjaan Umum, Direktorat Jendral Bina Marga. 1991. Tata Cara Pemasangan Rambu dan Marka Jalan Perkotaan.

Hartono. 2004. Statistik untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Machsus, Mukafi, 2013. Kajian Kebutuhan Ruang Parkir pada Mall Galaxy di Kota Surabaya. Prosi-ding Seminar Nasional ATPW ITS, https://atpw.files.wordpress.com/2013/03/a19-kajian-kebutuhan-ruang-parkir-di-galaxy-mall-surabaya.pdf

Machsus, Basuki R., 2008. Penggunaan BBG pada Kendaraan Bermotor di Kota Surabaya. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 4(1), pp. 51-60. DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v4i1.2767

Machsus, Rachmad Basuki, and Amalia F. Mawardi, 2015. "Generalized Additive Models for Estimating Motorcycle Collisions on Collector Roads”. The 5th International Conference of Euro Asia Civil Engineering Forum (EACEF-5), doi:10.1016/j.proeng.2015.11.105, ISSN: 1877-7058, September 15-18, 2015, Surabaya, Indonesia.

Machsus, Harnen S., Wicaksono A., and Djakfar L., 2013. The Prediction Models of Motorcycle Accidents on Surabaya Arterial Roads Using Generalized Linear Models. Middle-East J. Sci. Res., 18 (12): 1859-1866, 2013. ISSN 1990-9233, © IDOSI Publications.

Machsus, Harnen Sulistio, Achmad Wicaksono and Ludfi Djakfar. 2014. "The Effect of Access Points on Motorcycle Accident Rates on Surabaya Arterial Roads". Australian Journal of Basic and Applied Sciences (AJBAS), 8 (10), 38-43

Mawardi, A.F., Herijanto, W., Maharani, M., 2012. Analisis Kapasitas Parkir dan Antrian dengan adanya Sistem Portal Otomatis di Pusat Perbelanjaan (Studi Kasus Gedung Pusat Grosir Solo). Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, 10(1), pp. 51-60. DOI:http://dx.doi.org/10.12962/j12345678.v10i1.2684

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v14i1.3047

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats