Pemilihan dan Pen-skala-an Rekaman Akselerogram Gempa Nyata agar Sesuai dengan Spektrum Respons SNI 1726-2012

Dicky Imam Wahyudi

Abstract


Kebutuhan pada analisis perhitungan respons nonlinier bangunan terhadap gempa dengan memakai rekaman percepatan tanah riwayat waktu semakin menjadi tuntutan di dalam desain pada saat ini. Masalah yang paling mendesak untuk dipenuhi di dalam hal ini adalah menentukan pilihan pada rekaman akselerogram yang sesuai dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan menurut peraturan bangunan dan jenis tanah pada suatu kondisi situs yang spesifik. Di dalam kepustakaan dikenal beberapa sumber akselerogram riwayat waktu, antara lain rekaman gerakan tanah tiruan yang sesuai dengan spektrum respons desain, rekaman sintetik yang diperoleh dari model seismologi, dan rekaman akselerogram yang diperoleh dari kejadian gempa yang nyata. Di dalam naskah ini akan disampaikan suatu tata langkah untuk memilih dan men-skala-kan data akselerogram gerakan tanah oleh gempa nyata agar memberikan hasil yang sesuai dengan spektrum respons percepatan desain sebagai yang ditentukan oleh SNI 1726-2012. Di dalamnya akan disampaikan secara ringkas mengenai teori dasar pada penentuan spektrum respons yang sesuai, penetapan batas-batas faktor skala, serta beberapa parameter penentu lainnya. Sebagai contoh akan disampaikan di sini penyesuaian pada lima rekaman akselerogram gempa sehingga cocok dengan spektrum respons percepatan gempa desain untuk kota Jakarta tanah keras dan Yogyakarta tanah lunak. 

Keywords


riwayat waktu;akselerogram;peraturan bangunan; spektrum respons; faktor skala

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Federal Emergency Management Agency, “Performance Based Sismic Design of Buildings-An Action Plan for Future Studies,” Berkeley, 1996.

M. Lew and F. Naeim, “Use of Design Spectrum-Compatible Tme Histories in Analysis of Structures,” in Eleventh World Conference on Earthquake Engineering, 1996.

N. A. Abrahamson, “Non-stationary Spectral Matching,” Seisnological Res. Lett., vol. 63, no. 1, p. 30, 1992.

D. I. Wahyudi, P. Suprobo, and H. Sugihardjo, “Desain SRPMK Beton Bertulang Bertingkat Sepuluh dan Analisis Respons Non Liniernya terhadap Pembebanan Gempa,” in Seminar Nasional Aplikasi Wilayah 2016, 2016, pp. C1–C8.

Y. M. Fahjan, “Selection and Scaling of Real Earthquake Accelerograms to Fit the Turkish Design,” Tek. Dergi, vol. 19, no. 3, pp. 4423–4444, 2008.

A. Whittaker et al., “Selecting and Scaling Earthquake Ground Motions for Performing Response-History Analyses,” Grant/Contract Reports - 11-917-15, 2011.

B. Mohraz and F. Sadek, “Earthquake Ground Motion and Response Spectra,” in The Seismic Design Handbook, Boston, MA: Springer US, 2001, pp. 47–124.

Badan Standarisasi Nasional, “Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa untuk Struktur Bangunan Gedung dan Non-Gedung (SNI 1726-2012),” Jakarta, 2012.

“Pacific Earthquake Engineering Research Center - PEER,” 2006. [Online]. Available: http://peer.berkeley.edu/.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v15i2.3103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats