Rencana Pengendalian Banjir di Saluran Sekunder Rungkut Barata dan Rungkut Menanggal Kota Surabaya

Ivanda Kurnianto, S Kamilia Aziz

Abstract


Saluran Sekunder Rungkut Barata dan Rungkut Menanggal  Kota Surabaya yang termasuk Sub Sistem drainase Saluran Perbatasan,  mengalami genangan air ketika terjadi hujan dengan intensitas curah hujan sedang atau tinggi. Genangan terjadi dalam jangka waktu kurang lebih 2 jam dengan kedalaman 10 cm s/d 30 cm. Genangan terjadi di permukiman penduduk sampai ke ruas-ruas jalan utama daerah tersebut. Diduga penyebab genangan terjadi akibat aliran balik dari Saluran Primer Perbatasan. Perhitungan debit rencana menggunakan metode rasional dengan debit Q5 untuk saluran sekunder, Q2 untuk saluran tersier. Sedangkan perhitungan debit banjir pada saluran primer menggunakan hidrograf satuan sintetik Nakayasu. Adapun perhitungan aliran balik (back water) menggunakan metode tahapan langsung. Dari hasil Running menggunakan Aplikasi HEC-RAS, kapasitas saluran Rungkut Barata dan Rungkut Menanggal mengalami luapan banjir hampir di semua ruas Saluran. Pada bagian Hilir saluran Sekunder Rungkut Barata juga terjadi aliran balik dari Saluran Primer Perbatasan sejauh 291,78m. Untuk mengatasinya di lakukan Pengendalian banjir dengan Normalisasi Saluran dengan tinggi tanggul 1,5 meter sampai 2 meter dan lebar menyesuaikan kondisi lapangan dengan menyamakan kemiringan saluran menjadi 0,0004 dan melakukan pengendalian banjir mengunakan 2 Pompa air dengan kapasitas 0,5m3/det yang dilengkapi Pompa Lumpur.

Keywords


Banjir, Rungkut, Saluran Sekunder, Kapasitas Tampung, Pompa air

Full Text:

PDF

References


Aziz, S. Kamilia, dan Ismail Sa’ud. 2016. Pola Disribusi Hujan Surabaya. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil. vol. 14, hal 9-15.

Aziz, S. Kamilia, 2011.Pola Pengendalian Banjir pada Bagian Hilir Saluran Primer Wonorejo Surabaya. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil. vol. 9, hal 33-40.

Badan Standarisasi Nasional. 2016. Tata cara perhitungan debit banjir rencana. SNI 2415.

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Pematusan. 2000. SDMP. Surabaya: Pemerintah Kota Surabaya.

Suripin. 2004. Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Yogyakarta: ANDI Offset.

Soewarno. 1995. Hidrologi. Bandung: NOVA.

Triatmodjo, B., 2010. Hidrologi Terapan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Wesli. 2008. Drainase Perkotaan. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v15i2.3151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Departemen Teknik Infrasturktur Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jats