Modifikasi Perencanaan Dermaga General Cargo dengan Kapasitas Kapal 10.000 DWT di Kabupaten Sampang, Madura

Daniar Rissandy, Chomaedhi Chomaedhi, Raden Buyung Anugraha Affandhie, Dunat Indratmo

Abstract


Modifikasi desain dermaga General Cargo berada di kabupaten Sampang, Madura. Dermaga General Cargo ini diharapkan dapat menambah wilayah pemberhentian kapal yang juga banyak area pengeboran minyak, selaku pintu gerbang perekonomian di Madura dan Kawasan Timur Indonesia. Modifikasi perencanaan dermaga ini meninjau dermaga General Cargo yang akan direncanakan di sampang sehingga dapat melayani kapal dengan kapasitas sampai 10.000 DWT.

Dalam perencanaan ini terdapat 2 struktur yang di hitung diantaranya pertama strutur trestle sebagai jembatan penghubung dermaga dan daratan, yang kedua dermaga itu sendiri sebagai penggerak segala kegiatan bongkar muat barang barang curah kering atau general cargo. Struktur bawah direncanakan menggunakan pondasi tiang pancang baja (steel pipe pile) mulai diameter 914mm tebal 19mm di trestle dan 1500mm tebal 22mm pada tiang dermaga. Untuk struktur yang menggunakan beton, dipakai beton mutu f’c = 35 MPa seperti plat dermaga dan mooring dolphin, balok, pilecap dan shear ring menggunakan mutu f’c = 40 MPa

Dari hasil modifikasi desain dermaga General Cargo diperoleh dimensi dermaga sepanjang 160m dan lebar 32m ditambah panajng Trestle 588 m. Dimensi pelat tinggi 35 cm dan 50 cm, untuk balok diantaranya memanjang dan melintang 1000x1300mm, balok tepi 300x500mm , balok anak 400 x 600mm kemudian ada balok listplank 500 x 3000 dimensi pilecap dengan satu pancang 2500m x 2500 x 2100 agar memenuhi persyaratan geser pons. Dermaga menggunakan alat mobile crane untuk bongkar muat dan menggunakan truk trailer dengan kapasitan 45T 


Keywords


Dermaga, General Cargo, 10.000 DWT, Trestle

Full Text:

PDF

References


Badan Standarisasi Nasional, 2012. Tata Cara Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Gedung Dan Non Gedung (SNI 1726 : 2012)

Badan Standarisasi Nasional, 2002. Tata Cara perhitungan Struktur Beton Untuk Bangunan Gedung (SK SNI 03-2847-2002). Jakarta : Standard Design Criteria for Port in Indonesia, 1984. Maritime Development Program¬¬¬¬-me Directorate General of Sea Commonications, Jakarta

Departemen Pekerjaan Umum, 1971 Peraturan Beton Bertulang Indonesia. Direktorat Penye-lidikan Masalah Bangunan Gedung

Setiawan, Agus. 2008. Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LFRD. Jakarta: Erlangga.

Sosrodarsono, S., Nakazawa, K. 2000. Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi. Jakarta: PT Pradnya Paramita

Technical Standards For Port and Harbour Facilities in Japan, Beureau of Ports and Harbours, Ministry of Transport.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v15i1.3152

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Departemen Teknik Infrasturktur Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jats