Analisa Faktor-Faktor Perlambatan Arus Lalu Lintas Di Ruas Jalan Sutorejo Dan Jalan Krajan Kabupaten Lumajang Berbasis Nilai Volume Kendaraan

Hendrata Wibisana, Ibnu Sholichin, Eric Ardianto

Abstract


Perlambatan arus lalu lintas terutama di jalan arteri yang menghubungkan 2 daerah administrasi yang penting seperti kabupaten Lumajang dengan kabupaten Jember akan memberikan dampak yang kurang menguntungkan terutama ditinjau dari aspek kerugian ekonomi serta timbulnya polusi udara yang berkepanjangan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari faktor manakah dari karakteristik arus lalu lintas yang paling dominan dalam memberikan faktor perlambatan terhadap pergerakan arus lalu lintas sepanjang ruas jalan arteri. Ruas jalan yang dipilih adalah jalan raya Sutorejo dan jalan raya Krajan di kabupaten lumajang, dan dengan menggunakan analisa regresi multi variabel dapat dilakukan penentuan faktor dominan penyebab perlambatan tersebut. Disamping itu dengan analisa Greenshield dihasilkan kecepatan maksimum dari pergerakan kendaraan yang melintas di ruas jalan raya tersebut. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai koefisien untuk sepeda motor sebesar 0,0045, memiliki nilai yang dominan dibandingkan dengan kendaraan ringan dan kendaraan berat, sedangkan kuadrat rata-rata kesalahan diperoleh 8,2 x 10-8 untuk jalan Sutorejo, untuk jalan Krajan didapatkan nilai koefisien untuk kendaraan berat sebesar 0,0047, nilai yang paling dominan dengan nilai kuadrat rata-rata kesalahan 0,0011.  Kecepatan maksimum yang diperoleh untuk jalan Sutorejo adalah 86 km/jam dan untuk kepadatan jalan saat jenuh 1162 smp/km. Kesimpulan yang diambil untuk ruas jalan Sutorejo dan jalan Krajan bahwa kendaraan berat adalah faktor yang dominan dalam memperbesar nilai DS yang berakibat kepada terjadinya perlambatan arus lalu lintas.


Keywords


Arus lalu lintas, derajad kejenuhan, kecepatan arus bebas, kepadatan lalu lintas

Full Text:

PDF

References


Ahmane, M.; et.al, 2013. Modeling and controlling an isolated urban intersection based on cooperative vehicles. Tramsp. Res. Part C Emerg. Technol., 28, 44–62.

Chou, L.D., et al, 2012. A passenger-based adaptive traffic signal control mechanism in Intelligent Trans portation Systems. In Proceedings of the International Conference on ITS Telecommunications, Taipei, Taiwan, 5–8 November.

Coelho, M.C. and Farias, T.L., 2005. Impact of speed control traffic signals on pollutant emissions. Transp. Res. Part D Transp. Environ. 10, 323–340.

Departemen Pekerjaan Umum, 1999. Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Jakarta. MKJI.

Gartner, N.H. OPAC: 1983. A Demand Responsive Strategy for Traffic Signal Control; Transportation Research Record: Washington, DC, USA, No. 906; pp. 75–81.

Goodall, N.J, and Smith, B.L., 2013. Traffic Signal Control with Connected Vehicles. Transp. Res. Rec. J. Transp. Res. Board , 2381, 65–72.

Li, M. et.all, 2009. Traffic Energy and Emission Reductions at Signalized Intersections: A Study of the Benefits of Advanced Driver Information. Int. J. Intell. Transp. Syst. Res. 7, 2327–2332.

Olia, A., et al, 2014. Assessing the Potential Impacts of Connected Vehicles:Mobility,Environmental, and Safety Perspectives. J. Intell. Transp. Syst. Technol. Plan. Oper. 23, ix–xii.

Rachmad Basuki, Fiany Dara Novelita, Endah Tri Listiari, 2016. Kajian Bundaran Mulyosari Menjadi Simpang Bersinyal. Jurnal Aplikasi Teknik Sipil, Vol 14 No.1, Hal. 43-54. DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v14i1.3047

Tiaprasert, K. et.al, 2015. Queue Length Estimation Using Connected Vehicle Technology for Adaptive Signal Control. IEEE Trans. Intell. Transp. Syst. 16, 2129–2140.

Truong, L.T., et.al, 2017. Estimating the trip generation impacts of autonomous vehicles on car travel in Victoria, Australia. Transportation, 1–14.

Webster, F.V. and Cobbe, B.M. 1966. Traffic Signals; Road Research Technical Paper No. 56; Her Majesty’s Stationery Office: London, UK,; Volume 4, pp. 206–207.

Yang, K. A. 2017. Reinforcement Learning Based Traffic Signal Control Algorithm in a Connected Vehicle Environment. In Proceedings of the 17th Swiss Transport Research Conference (STRC 2017), Ascona, Switzerland, 17–19, May.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v15i1.3153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Departemen Teknik Infrasturktur Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jats