Studi Alternatif Bentuk Rangka Jembatan Canai Dingin Untuk Pejalan Kaki Bentang Kecil Terhadap Rasio Berat dan Lendutan

Afif Navir Refani, Dimas Pustaka Dibiantara, Munarus Suluch, Ahmad Faqihul Muqoddam

Abstract


Pada daerah terpencil banyak ditemui jembatan sederhana (non-engineered bridge) yang mengalami kerusakan. Salah satu alternatif untuk menyelesaikan masalah jembatan pada daerah terpencil untuk pejalan kaki adalah menggunakan jembatan rangka dengan material canai dingin. Jembatan sistem rangka adalah bentuk yang ideal untuk material canai dingin yang rawan mengalami tekuk. Beberapa bentuk jembatan rangka yang banyak diaplikasikan adalah tipe Warren truss, Pratt truss, Howe truss dan K-truss.

Penelitian ini membahas pengaruh bentuk rangka terhadap rasio berat dan lendutan yang terjadi akibat beban pejalan kaki pada bentang pendek (L = 4m). Dalam pengembangan bentuk rangka ini mengacu pada bentuk rangka yang banyak diaplikasikan, menggunakan pembebanan sesuai SNI 1725-2016 dan analisa penampang canai dingin berdasarkan SNI 7971-2013. Usulan bentuk rangka yang dihasilkan juga akan dilakukan pengujian beban di laboratorium. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat diusulkan alternatif bentuk rangka baru jembatan canai dingin dengan lendutan yang paling kecil.


Keywords


Bbentuk jembatan rangka, canai dingin, pejalan kaki, lendutan

Full Text:

PDF

References


Badan Litbang PU Departemen Peker-jaan Umum. 2013. Perencanaan Struktur Baja Canai Dingin (SNI 7971-2013). Jakarta: Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Badan Litbang PU Departemen Peker-jaan Umum. 2002. Perencanaan Struktur Baja Dengan Metode LRFD (SNI 03-1729-2002). Jakarta: Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Badan Litbang PU Departemen Peker-jaan Umum. 2005. Standart Pembebanan Untuk Jembatan (RSNI T-02-2005). Jakarta: Badan Standardisasi Nasional (BSN).

PT. Gunung Raja Paksi, LippedChannel (http://grdsteel.com/images/stories/product/grp/lippedchannel.pdf, diakses 12 September 2016).

Schafer, B.W. 2006. ”Designing Cold Formed Steel Using The Direct Streght Method. “Proceeding of 18th International Specialty Confe¬rence On Cold Formed Steel Structure. Florida 26-27 October.

Wei wen yu. 2000. Cold Formed Steel Design Third Edition. University of Missouri Rolla




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v15i1.3156

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Departemen Teknik Infrasturktur Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jats