Analisa Pola Perjalanan dan Karakteristik Penumpang Bus Trans Sidoarjo

Achmad Faiz Hadi Prajitno, Machsus Machsus, Rachmad Basuki, Sulchan Arifin, Sukobar Sukobar, Triaswati Moeljono, Wahyu Satyaning Budhi

Abstract


Abstrak

Bus Trans Sidoarjo (BTS) dioperasikan untuk memperlancar pergerakan penduduk dari Sidoarjo ke Surabaya dan rute sebaliknya. Pada makalah ini akan dianalisa pola perjalanan dan karakteristik penumpang BTS Trayek Terminal Porong - Purabaya. Metode yang digunakan meliputi analisa distribusi perjalanan penumpang, aksesibiltas, waktu tempuh rata-rata dan headway, serta analisa biaya operasional kendaraan (BOK). Hasil analisa menunjukkan pola perjalanan penumpang terbanyak yaitu antar Halte Pondok Mutiara – Terminal Purabaya dan antar Terminal Purabaya – Pondok Jati. Karakteristik penumpang didominasi perempuan, umur 40-44 tahun, pekerjaan pegawai swasta, maksud perjalanan bekerja, cara menuju halte dan tempat tujuan akhir menggunakan angkutan kota dan diantar, halte asal dan tujuan Terminal Purabaya, tarif 6.000 rupiah, serta intensitas secara tak tentu. Waktu tempuh rata-rata 59,53 menit. Headway rata-rata 29,92 menit. Tarif untuk BTS sebesar 6.000 rupiah dan 2.000 rupiah, sedangkan untuk kendaraan pribadi sebesar 37.030 rupiah – 39.255 rupiah/kendaraan-km.

Keywords


Bus Trans Sidoarjo, pola perjalanan; karakteristik; waktu tempuh; headway

Full Text:

PDF

References


R. Indonesia, “UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” p. 209, 2009.

M. Machsus, “Analisa Kinerja Pelayanan Angkutan Umum Perkotaan,” in Prosiding Seminar Nasional Forum Pendidikan Tinggi Vokasi Indonesia, 2017, pp. 438–451.

R. Indonesia, “Peraturan Pemerintah No 41 tentang Angkutan,” 1993.

S. P. (Suwardjoko P. Warpani, Pengelolaan lalu lintas dan angkutan jalan. Penerbit ITB, 2002.

M. Machsus and R. Basuki, “Penggunaan BBG pada Kendaraan Bermotor di Kota Surabaya,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 4, no. 1, pp. 34–42, Feb. 2008.

Kementerian PU, “Pedoman Kapasitas Jalan Perkotaan,” 2014.

I. Sholichin, “Analisa Kepuasan Penumpang Angkutan Kota terhadap Sistem Pelayanan Angkutan Kota di Kota Sidoarjo,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 8, pp. 1–8, 2010.

A. F. H. P, “Analisa Model Gravity dan Analogi Fluida padaTrip Distribusi Penumpang Angkutan Kota Trayek Terminal Bratang – JMP Surabaya,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 2, pp. 31–39, 2007.

A. F. H. P, “Evaluasi Kinerja Angkutan Kota Lyn T2 Jurusan Terminal Joyoboyo - Wisma Permai Surabaya,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 9, pp. 34–50, 2015.

H. Faiz, “Studi Kemampuan dan Kemauan Membayar Konsumen Jasa Angkutan Umum Bus Damri Ekonomi di Kota Surabaya,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 1, pp. 11–17, 2008.

Kementerian PU, “Pedoman Teknis Halte,” no. Pedoman Teknis Halte, pp. 0–3, 2012.

M. N. Faadhilah, “Analisa Penerapan Bus Feeder Brt pada Kawasan Pondok Gede Bekasi sebagai Solusi Mengurangi Kemacetan,” 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v16i2.3536

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Departemen Teknik Infrasturktur Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jats