Kajian Drainase Kawasan Polda Jatim

Siti Kamilia Aziz, Ismail Sa'ud, Muhammad Hafiizh Imaaduddiin, Mohammad Khoiri

Abstract


Persoalan banjir di kawasan Polda Jatim disebabkan karena elevasi kawasan yang relatif sama dengan elevasi outlet sehingga ketika saluran outlet penuh atau tergenang, maka kawasan ini tidak dapat mengalirkan air ke outlet. Pada kajian ini dievaluasi kemampuan saluran eksisting mengalirkan debit banjir dan upaya menahan air dari luar kawasan tidak masuk ke dalam. Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa beberapa saluran perlu dinormalisasi. Untuk mengatasi luberan air dari luar kawasan, diterapkan sistem semi polder, sekeliling kawasan ditinggikan 30 cm dan dibangun pintu pada tiap-tiap outlet. Air yang tertahan didalam kawasan ditampung di kolam tampungan dan dipompa keluar ke saluran tengah ketika saluran sudah surut. Volume kolam tampungan yang dibutuhkan sebesar 7248.42 m3 untuk Q5 dan 7697.48 m3 untuk Q10. Lama pengosongan kolam tampungan menggunakan pompa eksisting dengan debit 0.5 m3/dt adalah 4 jam untuk Q5 dan 4.27 jam untuk Q10.


Keywords


drainase, banjir, jawa timur

Full Text:

PDF

References


I. Sa’ud and I. P. A. Wiguna, “Penentuan Alternatif Penanggulangan Genangan Akibat Peubahan Tataguna Lahan di Wilayah Surabaya,” in Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XVII, 2013, p. B-6-1-B-6-8.

D. Harijanto, Kuntjoro, Saptarita, Pudiastuti, and E. Maulani, “Penentuan Indeks Kerentanan Banjir Berindikator Pola Hujan dan Pola Musim,” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Prasarana Wilayah (ATPW), 2014, pp. A1–A8.

S. K. Aziz and I. Sa’ud, “Pola Distribusi Hujan Kota Surabaya,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 14, no. 1, pp. 9–16, Feb. 2016.

B. Triatmodjo, Hidrologi Terapan, Cetakan Ketiga. Yogyakarta: Beta Offset, 2013.

S. K. Aziz, I. Sa’ud, A. Kurniawan, and W. Ramadhan, “Detention Basin sebagai Alternatif Penanggulangan Banjir di daerah Ketintang Surabaya,” in Seminar Nasional Apilkasi Prasarana Wilayah, 2014, p. A..125-A.130.

S. K. Aziz, “Pola Pengendalian Banjir pada Bagian Hilir Saluran Primer Wonorejo Surabaya,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 9, no. 2, p. 33, Aug. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v16i1.3558

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats