Karakteristik Pelaku dan Perilaku Perjalanan Penumpang Bus Trans Koetaradja

Hitapriya Suprayitno, Muhammad Ryansyah

Abstract


Penerapan Rencana Induk Bus Trans Koetaradja sedang dilaksanakan secara bertahap. Koridor 1: Keudah-Darulsalam akan dioperasikan, oleh karena itu dibutuhkan perhi­tungan prakiraan penumpang potensial. Perhitungan ini membutuhkan data karakteristik pelaku dan perilaku perjalanan. Data karakteristik didapatkan dari survei di Koridor 1: Keudah-Darulsalam. Pelaku perjalanan dalam hal komposisi jenis kelamin didominasi oleh wanita, dalam hal komposisi profesi didominasi oleh pegawai, mahasiswa dan pelajar.  Karakteristik perilaku perjalanan, dalam hal komposisi maksud perjalanan didominasi oleh perjalanan bekerja, perjalanan kuliah dan perjalanan sekolah; dalam hal penggunaan moda sebelum beralih didominasi oleh angkot mikrobis dan sepeda motor. Karakteristik perjalanan hubung-ke, dalam hal jarak perjalanan berada pada kisaran 0-1,5 km dengan moda jalan kaki. Karakteristik perjalanan hubung dari, dalam hal jarak perjalanan berada pada kisaran 0-1 km dengan moda jalan kaki. Jumlah penumpang pada jam puncak pagi sangat sedikit pada kisaran 10 orang, sedangkan pada jam puncak siang cukup normal pada kisaran 40-50 orang.

Keywords


karakteristik pelaku perjalanan, karakteristik perilaku perjalanan, penumpang bis kota, Trans Koetaradja

Full Text:

PDF

References


Fakhurrazy, “Transportasi Masal di Banda Aceh”. Tugas Kuliah. Jurusan Teknik Sipil, Universitas Syah Kuala, Banda Aceh, 2016.

H. Suprayitno & V.A. Upa, “Mamminasata BRT User Trip Characteristics for the Design of Demand Modelling Method for a New BRT Line”, IPTEK, The Journal for Technology and Science, Vol. 27, Issue. 3, December 2016, pp: 47-52.

H. Suprayitno & V.A. Upa, “Special Conventional Transport Model for a New BRT Line Passenger Demand Prediction”, JTSS – Journal of Technology and Social Science, Vol. 1, Issue 3, 2017, pp: 10-18.

V.A. Upa, “Perhitungan Jumlah Permintaan Potensial Bus Rapid Transit (BRT) Mamminasata Koridor 1 dengan menggunakan Special Conventional Transport Model”, Tesis Magister, Jurusan Teknik Sipil. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, 2017.

A. Soimun, “Analisis Probabilitas Perpindahan Moda Pengguna Kendaraan Pribadi (Sepeda Motor dan Mobil) ke Kereta Api Commuter Surabaya Sidoarjo”, Tesis Magister, Departemen Teknik Sipil. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Surabaya, 2018.

O.Z. Tamin, Perencanaan, Pemodelan & Rekayasa Transportasi: Teori, Contoh Soal & Aplikasi, Penerbit ITB, Bandung, 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v16i2.3749

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats