Model Panjang Antrian Kendaraan pada Perlintasan Sebidang Tanpa Palang Pintu (Studi Kasus: Perlintasan Sebidang Jl. Gayung Kebonsari Surabaya)

Adita Utami, Hera Widyastuti

Abstract


Pertumbuhan penduduk dan perkembangan ekonomi di Indonesia mempengaruhi peningkatan volume kendaraan, terutama di kota Surabaya. Peningkatan volume kendaraan, menyebabkan kemacetan di beberapa titik di Surabaya. Salah satu faktor kemacetan di perlintasan kereta api adalah durasi waktu penutupan saat kereta melewati persimpangan. Durasi penutupan perlintasan yang tidak pasti menyebabkan pengguna jalan menjadi tidak disiplin dengan menerobos perlintasan yang berakibat pada meningkatnya tingkat kecelakaan lalu lintas yang terjadi di persimpangan sebidang tidak berpalang pintu. Sehingga perlu dibuat dua model hubungan antar variable. Model pertama yaitu hubungan antara lama waktu penutupan perlintasan dengan jumlah rangkaian kereta dan kecepatan kereta, dan model kedua yaitu hubungan antara lama waktu penutupan perlintasan dengan panjang antrian kendaraan. Digunakan metode regresi berganda (multiple regression) untuk membuat model tersebut. Hasil yang didapatkan yaitu model hubungan antar variable yang dianalisis, yang nantinya dapat digunakan sebagi rekomendasi terhadap pembangunan early warning

Keywords


perlintasan sebidang, panjang antrian, early warning, analisa regresi berganda

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, “Surabaya dalam Angka 2016,” 2016.

Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, “Surabaya dalam Angka 2017,” 2017.

G. Gruyter, C.D. dan Currie, “Rail Road Crossing Impact : An International Synthesis”,” Transp. Rev., vol. 36, no. ed Routledge, pp. 793–815, 2016.

“Uu_No_23_Tahun_2007.Pdf.” 2007.

I. Joenaini, “Analisis Dampak Lalu Lintas bagi Perumahan Sebagai Upaya Mengatasi Kepadatan Lalu Lintas Kabupaten,” pp. 269–289, 2014.

A. S. Amal, B. Pudjianto, and E. Mujihartono, “Pengaruh Penutupan Pintu Perlintasan Kereta Api Terhadap Tundaan Dan Panjang Antrian Kendaraan Pada Jalan Raya Malang - Surabaya KM.10,” Pilar, vol. 11, no. 2, pp. 88–91, 2002.

O. Z. Tamin, Perencanaan dan Pemodelan Transportasi, Edisi Kedua. 2003.

B. Studi, K. Jl, A. Jl, B. Palar, J. A. Timboeleng, and S. Y. R. Rompis, “Analisa Gelombang Kejut pada Persimpangan,” vol. 4, no. 9, pp. 559–566, 2016.

Irawati, “Pengaruh Derajat Kejenuhan Jalan Terhadap Tundaan Dan Panjang Antrian Pada Pintu Lintasan Kereta Api Dengan Variasi Lama Penutupan Jalan Studi Kasus Pintu Lintasan 1, Jalan Pecindilan Surabaya,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, 2001.

J. Supranto, “Statistik teori dan aplikasi jilid 1 / oleh J. Supranto,” Stat. Teor. dan Apl. jilid 1 / oleh J. Supranto, 2000.

D. G. of H. D. of U. R. Directorate General Bina Marga, “Highway Capacity Manual Project ( Hcm ),” vol. 1, no. I, p. 564, 1997.

B. S. Koloway, “Kinerja Ruas Jalan Perkotaan Jalan Prof Dr . Satrio, DKI Jakarta,” J. Perenc. Wil. dan Kota, vol. 20, no. 3, p. hlm 215-230, 2009.

Adolf .D May, Traffic Flow Fundamentals. Amerika: Prentice-Hall.Inc, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v17i1.4693

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Departemen Teknik Infrasturktur Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jats