Analisa Hubungan Antara Nilai Lendutan Dengan Modulus Elastisitas Perkerasan Lentur Akibat Beban Berlebih Dengan Metode Boussinesq

Andi Sahrul Hidayat, Catur Arif Prastyanto

Abstract


Pengujian lendutan perkerasan menggunakan alat Falling Weight Deflectometer merupakan pengujian yang telah digunakan secara luas diseluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan modulus elastis perkerasan lentur diprofil Flexible Pavement Systems (FPS) dengan metode Boussinesq. Lokasi pengujian pada penelitian ini adalah di ruas jalan Raya Ngelom Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Hasil dari penelitian ini diperoleh persamaan modulus elastisitas setiap lapisan perkerasan yang memiliki korelasi yang baik terhadap nilai lendutan pengujian FWD. Persamaan model yang baik adalah model regresi power dengan nilai Y = 216.51x-1 dimana Y adalah modulus elastisitas perkerasan dan X adalah nilai lendutan perkerasan.


Keywords


Modulus perkerasan, FWD, Boussinesq theory, Overloaded, Deflection

Full Text:

PDF

References


H. Y. Huang, avement Analysis and Design, 2 nd edition, Prentice Hall, New Jersey. 2004.

D. Kosasih, “Analisis data lendutan perkerasan dengan program backcalc untuk sistem struktur 2 - lapisan,” vol. 10, no. 1, pp. 35–50, 2003.

H. Y. Huang, “Pavement Analysis and Design,” University of Kentucky, 1993.

K. H. Stolle, D.F.E. and David, Assessment of the Impact of Layer Moduli on Measured Surface Deflections. Paper prepared for presentation at Pavement Evaluation. Virginia.: A Joint Conference of the FWD and Road Profilers User Groups: Roanoke, 2002.

P. J. M. and H. Choi, J.W., Wu, R., “New Layer-Moduli Back- Calculation Method Based on the Constrained Extended Kalman Filter.,” J. Transp. Eng. ASCE., vol. 136:1, 2010.

P. Ullidtz, “Pavement Analysis, Development in Civil Eng,” vol. 19, 1987.

P. Ullidtz, “Modelling flexible pavement response and performance,” University of Denmark., 1998.

F. van Cauwelaert, “The story of rational design of Pavements,” Royal Institute of Technology. Sweden., 1993.

American Association of State Highway and and T. O. (AASHTO), “AASHTO Guide for Design of Pavement Structures,” Washington, D.C, 1993.

Puslitbang, “Pengkajian Metoda Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkeraqsan Lentur Dengan Falling Weight Deflectometer (FWD).,” Bandung, Indonesia, 2003.

K. R. Ullidtz, P. and Peattie, “Pavement Analysis by Programmable Calculators,” vol. Transporta, 1980.

Dynaflect, Dynamic Deflection Determination System. Texas 76049, U. S. A.: Industrial Avenue Granbury, 2001.

TxDOT, Frequently Asked Questions about the Falling Weight Deflectometer (FWD). Texas: Department of Transportation, 2008.

R. Watson, D.E., Zhang, J., and Powell, Analysis of Temperature Data for the National Center for Asphalt Technology Test Track. Washington, D C, 2004.

Danida dan Pusat Litbang Jalan, “Study of Improved Bearing Capacity Evaluation and Strengthenen Design of Road,” Bandung, 1990.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v17i1.4904

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats