Monitoring Sedimentasi di Pintu DAM Rolag Telu Sebagai Bentuk Kesiapan Mencegah Banjir di Hilir Sungai Brantas

Muhammad Hafiizh Imaaduddiin, Tatas Tatas, Siti Kamilia Aziz

Abstract


Kota Surabaya berada pada alur WS Brantas khususnya bagian hilir (Kali Surabaya), dimana sangat berpotensi menjadi area yang rentan terhadap bencana terutama banjir dan sedimentasi. Salah satu pekerjaan yang diperlukan untuk dapat mengendalikan banjir adalah catatan kejadian sedimentasi yang menyangkut sifat dan karakteristik dari Kali Surabaya, di mana kejadian sedimen ini lambat laun akan mengakibatkan adanya pendangkalan dasar sungai dan berdampak pada berkurangnya penampang basah sungai atau lebar sungai. Penelitian ini mengkaji survei dan analisis sedimentasi yang terjadi di Kali Surabaya, untuk menganalisis hubungan antara curah hujan dengan debit suspensi dan menganalisis jumlah total muatan suspensi. Analisis hubungan tersebut bertujuan untuk mendapatkan hasil perhitungan transportasi sedimentasi pada debit rata-rata pertahun, sebagai balance besaran volume aliran air penampang basah dasar sungai yang ditempati oleh sedimen yang nantinya hasil kejadian ini akan dipakai sebagai data pendukung untuk perhitungan mitigasi bencana terhadap terjadinya banjir mendatang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan studi literatur, survey dan pengukuran di lapangan, serta sampling. Hasil pengukuran menunjukkan hubungan debit aliran dengan debit muatan suspensi di Kali Surabaya memiliki koefisien korelasi yang cukup kuat terutama pada saat grafik debit suspensenya naik Q=0,248 m3/s (yang maksimal) nilai konsentrasi sedimen tertinggi yang terjadi adalah 20ppm, dan nilai spesific gravity nya yang terekam pada debit maksimal tersebut adalah yang terbesar (Gs) = 2,767.


Keywords


banjir, kali Surabaya, sedimentasi, debit suspensi

Full Text:

PDF

References


Mawardi, E. dan Memed, M., Desain Hidraulik Bendung tetap, 2010, Alfabeta.

Kuntjoro, The movement of the regularly rivermeanders on constant discharge. International Journal of CIVIL Engineering and Technology (IJCIET), Volume 9, Issue 6, june 2018 p. 619-629.

Ponce, V.M., Engineering Hydrology, Principles and Practice. 1989, Prentice-Hall Inc, New Jersey.

Anwas M. 1994. Bentuk Muka Bumi. http://elcom.umy.ac.id/elschool/mualimin_muhammadiyah/file.php/1/materi/Geografi/Bentuk%20muka%20bumi.pdf. diakses pada tanggal 20 Aprl 2015

Hambali, Roby., Apriyanti, Yayuk, Studi Karakteristik Sedimen dan Laju Sedimentasi Sungai Daeng – Kabupaten Bangka Barat, 2016, Fropil, Jurnal Teknik Sipil Universitas Bangka Belitung, Indonesia.

Van Rjin, L.C.V., 1984, "Sediment Transport, Part I : Bed Load Transport", Journal of Hydraulic Engineering, Vol. 110, No.10.

Abdul Ghani. N.A.A, Othman N., Baharudin M.K.H, Study on Characteristics of Sediment and Sedimentation Rate at Sungai Lembing, Kuantan, Pahang, 2012, Precedia Engineering of Malaysian Technical Universities Conference on Engineering & Technology, MUCET 2012 Part 3 – Civil and Chemical Engineering.

Kuntjoro, Ismail Saud, Didik Harijanto, Equilibrium Geometry Demands Of Natural Discharge On Alluvial River, ARPN Journal of Engineering and Applied Sciences, Volume 13, No 4, February 2018 p. 1476-1483.

Kuntjoro, Didik Harijanto, Sungkono, Saptarita, Choirul Anwar, Perkiraan Geometri Sungai Bermeander dari Besaran Debit, Jurnal Aplikasi, Volume 11, Nomor 1, Februari 2013, halaman 31-37.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v17i2.4962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Departemen Teknik Infrasturktur Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jats