Studi Perbandingan Kinerja Pier Jembatan Tipe Portal dengan Tipe Dinding

Ibnu Pudji Rahardjo, Chomaedhi Chomaedhi, Yudnina Hanifah

Abstract


Analisa peforma strukur terhadap gempa penting untuk diperiksa untuk mengetahui kinerja struktur saat terjadi gempa. Hasil dari analisis ini merupakan salah satu parameter dalam pengambilan keputusan desain struktur. Apakah level kinerja struktur sudah sesuai dengan yang diharapkan atau perlukah tahap retrofit struktur. Dalam studi ini analisa peforma struktur dilakukan terhadap dua model desain pier yang akan digunakan dalam proyek tol Pasuruan-Probolinggo. Pier pertama merupakan pier tipe dinding serta pier lainnya adalah pier tipe portal. Analisa dilakukan sesuai dengan pedoman ATC-40 dengan menginputkan karakteristik kenonlineran struktur. Hasil analisa menunjukkan bahwa level kinerja pier tipe portal adalah DC-LS sedangkan pier tipe dinding adalah DC. Pier tipe portal mempunyai daktilitas yang hampir sama dengan pier tipe dinding, base shear yang diterima pier tipe portal lebih kecil dibandingkan base shear yang diterima pier tipe dinding. Deformasi terjadi pada pier portal lebih besar daripada deformasi pada pier dinding.

Keywords


pushover, ATC-40, kinerja sruktur

Full Text:

PDF

References


Applied Technology Council (ATC), "ATC40 Seismic Evaluation and Retrofit of Concrete Buildings Volume 1" California, 1996.

Badan Standarisasi Nasional (BSN), "Standar Perencanaan Ketahanan Gempa Untuk Struktur Bangunan Gedung" Bandung, 2002

Dewobroto, Wiryanto, "Evaluasi Kinerja Struktur Baja Tahan Gempa dengan Analisa Pushover". Banten : Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Pelita Harapan Indonesia, 2005.

Sosrodarsono, Suyono, dan Nakazawa, Kazuto, Mekanika Tanah dan Teknik Pondasi, Jakarta: Pradnya Paramita, 2000.

Wisnumurti, Cahya, I , Anas, A, "Analisis Pushover pada Gedung tidak Beraturan dengan Study Kasus pada Gedung Baru FIA Unibraw" Journal Rekayasa Sipil. ISSN 1978-5658 (2):11-22. 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v17i2.5264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Pusat Publikasi Ilmiah LPPM Institut Teknologi Sepuluh Nopember is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at https://iptek.its.ac.id/index.php/jats