Boezem, Pompa, dan Pintu Air sebagai Pengendali Banjir di Kali Balong Kecamatan Tandes Kota Surabaya

Dwi Indriyani, Siti Kamilia Aziz, Putra Mu'min Mubarok

Abstract


Saluran Primer Kali Balong merupakan sistem Gunungsari yang banjirnya cukup tinggi dengan lama genangan antara 2–3 jam dan tinggi genangan antara 30-50 cm. Diduga penyebab genangan akibat buruknya sistem drainase yang ada ditambah dengan adanya pengaruh backwater. Hal ini perlu dilakukan kajian untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Untuk menanggulanginya perlu diperhitungkan beberapa aspek yaitu aspek hidrologi, hidrolika dan alternatif pemecahan masalah. Perhitungan debit rencana menggunakan metode rasional dengan debit Q5 untuk saluran sekunder dan Q10 untuk saluran primer. Berdasarkan hasil perhitungan debit di outlet saluran Kali Balong sebesar 65,66 m3/det.  Dari hasil perhitungan terdapat beberapa saluran yang meluber diantaranya saluran sekunder Balongsari, Lontar, Darmo Indah, Darmo Satelit, saluran primer Gunungsari dan Kali Balong. Untuk menanggulanginya dilakukan redesign dengan menambah lebar dan tinggi saluran. Outlet saluran primer Kali Balong bemuara ke Selat Madura maka diperhitungkan backwater akibat pasang surut air laut. Hasil perhitungan panjang pengaruh sepanjang 1.494,85 m dan untuk mengatasi backwater maka direncanakan boezem yang dilengkapi pompa dan pintu. Dari hasil perhitungan dibutuhkan Boezem seluas 26.000 m2 dengan pompa sebanyak 9 buah kapasitas 2,50 m2/detik  dan pintu air sebanyak 6 buah dengan lebar 1,50 setinggi 4,00 m untuk mengatasi banjir.

Keywords


Kali Balong, boezem, pompa air

Full Text:

PDF

References


S. K. Aziz, “Pola Pengendalian Banjir pada Bagian Hilir Saluran Primer Wonorejo Surabaya,” J. Apl. Tek. Sipil, vol. 9, no. 2, p. 33, Aug. 2011.

BMKG, “Laporan Pasang Surut Air Laut Kali Balong Tahun 2017,” Surabaya, 2017.

B. Triatmodjo, Hidrologi Terapan, Edisi 2. Yogyakarta: Beta Offset, 2008.

I. S. Sosrodarsono, Hidrologi untuk Pengairan, Edisi 9. Jakarta: PT Pradnya Paramita, 1976.

P. Buntung Peketingan, “Laporan Data Hujan Stasiun hujan Kandangan,” Surabaya, 2014.

Soewarno, Hidrologi Aplikasi Metode Statistik untuk Analisa Data. Bandung, 1995.

Suripin, Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Semarang: Andi Yogyakarta, 2003.

J. Loebis, Banjir Rencana Untuk Bangunan Air. Jakarta: Badan Penerbit Pekerjaan Umum, 1987.

Anggrahini, Hidrolika Saluran Terbuka. Surabaya: CV Citra Media, 1996.




DOI: http://dx.doi.org/10.12962/j2579-891X.v17i2.5293

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jumlah Kunjungan:Web
Analytics

Creative Commons License
Jurnal Aplikasi Teknik Sipil by Departemen Teknik Infrasturktur Sipil ITS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Based on work at http://iptek.its.ac.id/index.php/jats